Investasi Emas Sangat Menjanjikan

Investasi Emas Sangat Menjanjikan

BENGKULU, BE - Prospek investasi emas sangat menjajikan jika dibandingkan dengan investasi lain seperti obligasi, saham dan sebagainya. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan karena emas tidak akan tergerus oleh inflasi dan melemahnya nilai seperti yang terjadi pada investasi lainnya terutama uang.

Hal ini disampaikan Manager Bisnis Emas Kantor Pegadaian Pusat, Rudy Kurniawan pada acara Coffee Morning yang dilakukan Pegadaian Cabang Bengkulu di Hotel Santika, kemarin. \"Daya beli emas akan terus setabil terhadap barang-barang yang lainnya,\" terang Rudy yang juga seorang penulis buku Best Seller Kemilau Investasi Emas.

Menurutnya, daya beli menggunakan emas akan selalu sama. Hal itu karena nilai emas tidak akan berubah dan mengikuti perubahan harga-harga lain di pasaran. Kelebihan lainnya dari investasi emas itu antara lain nilai instrinsik sama dengan nilai nominal, emas bersifat universal sehingga harganya selalu sama di seluruh dunia dan harga ditentukan pasar. \"Hal itu berbanding terbalik dengan uang, uang hanya berlaku pada satu negara saja, meskipun berlaku di negara lain namun nilainya akan berbeda,\" tambah Rudy.

Ditamabahkannya, ada beberapa alasan yang untuk menginvestasikan emas yaitu percetakan uang yang semakin banyak yang membuat nilai uang akan turun, kemudian Bank Central saat ini terus menambah cadangan emasnya dan yang terakhir hasil penambangan emas semakin hari semakin sedikit.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki emas bukan berarti investasi emas tanpa resiko. Resiko yang mungkin akan perlu diwaspadai adalah fluktuasi harga emas, beredarnya emas palsu dan resiko penyimpanan. \"Resiko fluktuasi ini sangat kecil, apalagi jika kita berinvestasi lebih dari satu tahun, maka fluktuasi tersebut tidak akan berpengaruh,\" ujar Rudy.

Sementara itu Manager Pegadaian Area Bengkulu, Agus Setiawan SE MSi mengatakan kegiatan coffee morning ini adalah bentuk sosialisasi Pegadaian kepada pimpinan BUMN dan Depertemen Keuangan yang ada di Bengkulu. Pegadaian mensosialisasikan produk terbaru mereka yaitu emas murni.  Saat ini Pegadaian sudah bisa melayani jual beli emas baik tunai maupun kredit. \"Melihat peluang investasi yang cukup besar, maka Pedagaian menciptakan produk jual beli emas,\" terang Agus.

Untuk mendapatkan kredit emas nasabah cukup membawa foto copy identitas diri dan DP atau uang muka, sedangkan jenis emas yang disediakan Pegadaian mulai dari 5 gram. Selain itu dalam kesempatan ini juga Pegadaian memperkenalkan logo baru mereka, sehingga nasabah tidak perlu merasa tertipu atau ragu kepada nasabah jika melihat logo yang dipasang adala logo Pegadaian yang sah. (cw2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: