Data BRI Sudah Masuk, Rekening 400 Nasabah Dibobol, Total Kerugian…

Data BRI Sudah Masuk, Rekening 400 Nasabah Dibobol, Total Kerugian…

\"UangMATARAM — Satreskrim Polres Mataram sudah menerima data transaksi maupun jumlah kerugian yang diderita oleh ratusan nasabah dari BRI.

Dalam kasus pembobolan rekening milik ratusan nasabah BRI ini, penyidik masih  mengumpulkan keterangan dan barang bukti. \"Kemarin (1/11, red) datanya sudah diserahkan ke kita. Jumlah nasabah yang menjadi korban itu sekitar 400 lebih nasabah. Kalau nilai total kerugiannya sekitar Rp 1,8 miliar,\" ujar Kapolres Mataram melalui Kasat Reskrim AKP Haris Dinzah kepada Rabu  kemarin (2/11). Selanjutnya, data-data yang diberikan oleh BRI ini akan dijadikan bahan untuk ditelaah kepolisian dalam penyelidikan yang dilakukan.

Informasi apapun juga dibutuhkan dalam penyelidikan ini. \"Pengembangan akan terus kita lakukan. Ini datanya sudah kita terima,\" katanya. Jumlah korban dan nilai kerugian kata Haris, bisa saja berkembang kedepannya. Namun itu menurutnya kewenangan dari BRI untuk menyampaikan. “Mudah-mudahan saja sudah tidak ada jumlah penambahan korban lagi,’ ’  imbuhnya. Penyidik masih memeriksa dan meminta keterangan dari pihak vendor yang digunakan oleh bank BRI untuk mengelola ATM yaitu PT Swadarma Sarana Informatika (SSI ). Vendor ini diwakili oleh bagian teknis untuk memberikan klarifikasi kepada kepolisian.

Mengenai hasilnya apakah sudah dengan standar operasional prosedur (SOP), Haris mengaku belum bisa memastikan.

“Nah ini sedang kita klarifikasi dan kita tanyakan bagaiman SOP yang dijalankan selama ini.  yang kita mintai klarifikasinya ini satu orang,’ ’  tandasnya. Kepolisian juga sudah melakukan langkah preventif atau pencegahan dengan mengumpulkan tujuh orang pimpinan cabang  berbagai bank di Mataram. Upaya tersebut bertujuan sebagai langkah pencegahan terkait dengan kejahatan perbankan ini. “Semua pimpinan cabangnya kita undang dan berikan imbauan dan masukan. Artinya kita berbagi (sharing) informasi untuk mencari solusi yang terbaik terkait dengan skimming ini,”  jelasnya.

Manager Operasional  BRI Cabang Mataram Komang Wahyu yang memberikan keterangan mengklaim saat ini sudah tidak ada lagi nasabah  yang melakukan komplain seperti hari-hari sebelumnya. “Kalau komplain sampai dengan hari ini (kemarin, red) sudah tidak ada,\'\' akunya. Wahyu memastikan saat ini sudah tidak ada lagi alat skimming (skimmer) yang terpasang di ATM BRI di wilayah Mataram dan sekitarnya. ‘

“Jadi pelayanan kami sekarang aman, sudah tidak ada lagi alat skimmer yang terpasang,’ ’ akunya.(gal/sam/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: