Pertarungan 3 Cabup Bengkulu Tengah Dimulai

Pertarungan 3 Cabup Bengkulu Tengah Dimulai

Edyarsyah Caretaker Bupati

BENGKULU, BE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akhirnya resmi menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati Benteng melalui rapat pleno terbuka dan transparan yang berlangsung di Hotel Santika Kota Bengkulu, Selasa (25/10).

Dalam rapat pleno yang dimulai pukul 11.00 WIB itu berakhir pukul 14.00 WIB, itu akhirnya masing-masing paslon mendapatkan nomor urut sesuai dengan yang mereka ambil di toples undian. Pasangan Medio Yudistio-Abdul Rani Ssos mendapat nomor urut 1, pasangan Dr H Ferry Ramli SH MH-Septi Periadi mendapat nomor urut 2 dan pasangan M Sabri Ssos MM-Naspian mendapatkan nomor urut 3.

Ketua KPU Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST mengatakan, penentuan nomor urut calon Bupati dan Wakil Bupati Benteng kemarin itu, dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh KPU yang menggelar Pilkada 2017 mendatang.

Asmara menyatakan, penentuan nomor urut ini dilakukan secara terbuka dan transparan, tanpa ada nomor urut pesanan calon. Tahapan penentuan nomor urut paslon itu diawali dengan penentuan paslon yang pertama mengambil nomor urut dengan cara diundi. Setelah itu baru kemudian paslon itu kembali mengambil nomor urut peserta pilkada. \"Kita memberikan kesempatan kepada para paslon untuk menentukan nomor giliran siapa dahulu yang akan pertama kali mengambil norut nantinya, setelah itu baru kita tentukan nomor urut resmi paslonnya,\" terang Asmara Wijaya, kemarin (25/10).

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pengambilan norut paslon ini, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada para paslonkada untuk melaksanakan kampanye yang sudah dijadwalkan mulai dari tanggal 28 Oktober hingga tanggal 11 Februari 2017 mendatang.

\"Kita akan memberikan masa waktu kampanye bagi ketiga calon Bupati dan Wakil Bupati Benteng selama 99 hari. Kita berharap ketiga paslon bisa memanfaatkan waktu yang kita berikan tersebut,\" jelasnya.

Asmara menambahkan, proses pengundian norut ini selanjutnya ditandatangani oleh ketiga paslon, sebagai bukti kalau paslon sudah selesai dan telah melakukan tahapan-tahapan dan menerima nomor urut tersebut.

\"Setelah melakukan rapat pleno penenetapan nomor urut ini, kita akan segera berkoordinasi dengan tim paslon masalah agenda kampanye kedepannya seperti apa nantinya,\" ujar Asmara.

Selain itu, Asmara menyampaikan, besok 26 Oktober, pihaknya akan segera mengumpulkan para paslon untuk membahas lebih lanjut mengenai cara kampanye baik dari alat peraga kempanye maupun lokasi-lokasi kampanye untuk masing-masing paslon nantinya. \"Untuk saat ini kita belum tahu alat kampanye apa saja yang digunakan dan dimana titik-titik lokasi kampanye, akan kita bahas besok bersama para paslon agar kampanye tanggal 28 Oktober bisa berjalan damai dan tertib,\" paparnya.

Pada Kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengapresiasi kinerja KPU Benteng yang telah berhasil melaksanakan pesta demokrasi yaitu pilkada serempak dengan sukses dan hingga penetapan nomor urut paslon bisa berjalan damai dan tertib tanpa terjadi kericuhan.

Irwansyah berharap sewaktu masa kampanye nanti pihak dari paslon Bupati ddan Wakil Bupati Benteng bisa menjalankan kampanye yang baik tanpa ada berbau kampanye hitam ataupun money politik nantinya.

\"Kita yakin paslon ini bisa melaksanakan kampanye yang baik dan tidak saling menjatuhkan satu sama lain dengan hal-hal yang negatif dan tidak ada yang main sogok menyogok, karena ini demi kemajuan Kabupaten Bengkulu Tengah kedepannya,\" harap Irwansyah.

Berdasarkan pantauan BE, kegiatan pengundian norut paslon Bupati dan Wakil Bupati Benteng dihadiri beberapa tamu penting seperti, Ketua KPU Provinsi, Ketua Bawaslu, Ketua Panwaslu, Kapolda Bengkulu, Dandrem 041 Gamas, Perwakilan Lanal Bengkulu, tokoh masyarakat, perwakilan dari pemerintah provinsi maupun kota, dan para tim sukses dan pemenangan dari ketiga paslon tersebut.

Ferry Yakin Menang

Menanggapi hasil dari pengundian nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Benteng, dirasakan salah satu paslon Ferry Ramli dan Septi Periadi. Menurut Ferry, mendapatkan nomor urut 2 merupakan berkah tersendiri, karena itu suatu tanda bahwa dirinya akan kembali memimpin Kabupaten Benteng untuk ke dua kalinya.

\"Kita yakin ini merupakan karunia dan petunjuk dari Allah SWT, pasalnya dari awal kita mengharapkan mendapatkan nomor urut dua ternyata itu kesampaian dan itu sebagai petunjuk kalau kita akan menjabat untuk kedua kalinya,\" ujar Ferry Ramli, kemarin (25/10).

Namun demikian, Ferry menyatakan, berapa pun nomor urut yang didapat sebenarnya semuanya sama, tidak ada masalah, yang terpenting program dan visi misi di lapangan nantinya yang mempengaruhi kemenangannya nanti. Kemudian, Ferry menyatakan, pihaknya akan menggunakan masa kampanye dengan sebaik-baiknya tanpa ada saling menjatuhkan diantara pasangan. \"Kita sangat mengapresiasi yang dilakukan pihak KPU Benteng selama ini, dan kita yakin untuk tahapan selanjutnya KPU Benteng bisa menyelesaikannya tanpa ada perpecahan lagi,\" kata Ferry.

Ia menyampaikan, untuk saat ini pihaknya akan lebih fokus untuk masalah kampanye baik berupa alat peraga kampanye maupun lokasi kampanye nanti dan pihaknya akan mendahulukan kampanye yang lebih menyentuh rakyat dan langsung dirasakan warganya agar bisa menyampaikan program kerjanya.

\"Kita yakin diantara paslon yang lainnya pasti akan melakukan hal yang sama, yang terpenting saat ini pihaknya akan lebih fokus mengenai kampanye yang bisa langsung menyentuh hati rakyatnya agar bisa kembali menang,\" tutup Ferry.

Berjalan Aman dan Kondusif

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penyelenggaraan rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah yang digelar oleh KPU Benteng, pihak Kepolisian Bengkulu menurunkan hampir 200 lebih personil polisi agar rapat tersebut bisa berjalan tertib, aman dan kondusif.

\"Kita menerjunkan hampir sekitar 200 lebih personil kita, hal itu kita rasakan penting karena ditakutkan ada pergerakan masa dari pihak yang merasa dirugikan sebelumnya,\" terang Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol DrsYovianes Mahar, kemarin (25/10).

Kapolda menuturkan, pengamanan yang dilakukan pihaknya semata-mata juga adanya permintaan dari Ketua KPU Benteng. Hal itu dirasa perlu karena ditakutkan jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya itu bisa terancam batal jika ada pergerakan massa dari bakal calon bupati yang tidak lulus sebelumnya.

\"Kita menurunkan dari satuan sabara lengkap dengan persenjataan seperti gas air mata dan kita juga menurunkan pihak lantas untuk mengamankan dan menutup sementara arah jalan dari Jalan Jati Simpang Skip menuju Sawah Lebar,\" jelas Kapolda.

Selain itu, Kapolda menyampaikan, rasa bangga dan senang karena dalam waktu kurang lebih lima hari menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, ia sudah bisa menjalankan tugas penting dan besar yaitu mengamankan penyelenggaraan Pilkada Benteng dengan aman dan tertib.

\"Saya sangat bangga bisa langsung menjalankan tugas sebagai Kapolda baru dalam penyelenggaraan pilkada Benteng ini dan berharap pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini bisa terus aman dan tertib,\" paparnya.

Kapolda menambahkan, pihaknya akan terus memantau perkembangan lebih lanjut masalah Pilkada Benteng ini, sehingga kedepannya jika KPU Benteng memerlukan bantuan, pihaknya dengan senang hati dan secara terbuka akan pihaknya bantu agar pilkada serentak ini bisa berjalan secara demokratis nantinya.

\"Kapanpun kita dibutuhkan, kita akan siap karena keamanan dan kenyamanan masyarakat Bengkulu merupakan sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai pihak Kepolisian,\" pungkasnya.

Edyarsyah Caretaker Bupati Benteng

Di sisi lain, setelah diusulkan tiga nama calon Caretaker Bupati Benteng oleh Gubernur Bengkulu, yaitu Asisten I Setdaprov Bengkulu Iskandar ZO, Asisten III Setdaprov Bengkulu Edyarsyah SSos dan Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Hamka Sabri, ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), akhirnya Mendagri menunjuk Edyarsyah SSos sebagai Caretaker Bupati Benteng.

\"Namanya memang sudah kita usulkan dan ditetapkan oleh Mendagri, tapi surat keputusan (SK)-nya belum kita terima,\" terang Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH kepada BE, kemarin.

Gubernur mengatakan, SK caretaker Bupati Benteng ini akan diambil langsung ke Kemendagri. Setelah itu, SK tersebut akan diserahkan secara simbolis hari ini. \"Besok (hari ini), SK-nya akan dilakukan penyerahan,\" ujar Gubernur.

Edyarsyah akan aktif menjadi Caretaker Bupati Benteng, setelah masa kampanye pencalonan dimulai, yakni 28 Oktober mendatang. \"Ketika masa kampanye dimulai, pejabat caretaker secara otomatis sudah bisa bekerja,\" jelas tambah Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov, Hamka Sabri.

Penunjukan Caretaker Bupati Benteng ini sendiri, lantaran Bupati Benteng, Ferry Ramli dan Wakil Bupati Benteng Muhammad Sabri dinyatakan lolos oleh KPU menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Benteng. \"Sesuai dengan aturan, ketika pejabat Bupati kembali ikut pencalonan Pilkada maka, jabatanya harus cuti sementara,\" pungkas Hamka.(151/529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: