Dana Desa Paluh Terap Tak Dikucurkan

Dana Desa Paluh Terap Tak Dikucurkan

\"dana_bengkulu_ekspress\"

TALO, BE - Sebanyak 181 Desa di Kabupaten Seluma telah menerima kucuran dana desa(DD) tahap II. Sayangnya dari jumlah itu tidak termasuk Desa Paluh Terap. Pasalnya, Desa Paluh terap baru menerima transferan DD tahap pertama saja, sedangkan DD tahap II belum bisa dikirimkan. Karena terlebih dahulu harus menyerahkan laporan realisasi DD tahap I tersebut.

“Untuk tahap ke II masih ada di kas daerah setelah tahap pertama baru dikirimkan dan realisasi DD juga belum ada,” tegas Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah(DPPKAD) Seluma Deddy Ramdhani SE MSE MA kepada BE kemarin (14/10).

Jika hingga Desember laporan realisasi DD tahap I tersebut tak kunjung diserahkan, maka DD tahap ke II Desa Paluh Terap tak bisa dipergunakan lagi. Dampaknya pembangunan di desa itupun tidak bisa dilakukan

“Kita hanya menyarankan saja, jika tetap saling bersikeras, maka jelas akibatnya pembangunan tidak bisa berjalan dan masyarakat jelas akan dirugikan,”sambungnya.

Beberapa hari lalu DPPKAD telah mengirimkan DD dua desa. Cahaya Negeri menerima Rp 598, 1 juta dan Desa Muara Nibung Rp 594, 7 juta. Sedangkan untuk Desa Palua Terap total DD yang diterima Rp 597,6 juta baru tahap pertama yang diterima sebesar 40 persen.

“Kita berharap desa bisa menyegerakan realisasi anggran dan rekomendasi dari kecamatan,”pungkasnya.

Disampaikan juga, DD Rp 10 miliar lebih telah tersedia dan dikirimkan ke rekening desa masing-masing. Anggaran itu alokasi dana desa (ADD) tahap ke III. Digunakan untuk pembiayaan rutin, seperti pembayaran gaji dan honor perangkat desa. Untuk mendapatkannya tetap diharuskan menyertakan laporan realisasi ADD tahap II sebelumnya. Termasuk surat pengantar dari kecamatan.

“Sebelumnya kita harus menunggu SK dari Bupati Seluma terkait peyaluran ADD tahap ke III,” pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: