Sambut Tahun Baru Islam Ratusan Pelajar Pawai Ta’aruf

Sambut Tahun Baru Islam Ratusan Pelajar Pawai Ta’aruf

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1438 Hijriyah, ratusan pelajar dari jenjang sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah hingga sekolah menengah atas (Madrasah Aliyah) sederajat di lingkungan Kementerian Agama (Kemenang) Kaur, menggelar kegiatan pawai ta’aruf bersama, kemarin (30/9). Kegiatan ini selain diikuti oleh ratusan pelajar juga diikuti oleh semua keluarga besar Kemenag Kaur dengan sederhana jalan santai keliling lapangan Merdeka Kota Bintuhan.  Jalan kaki tersebut sebagai bentuk mengenang perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

“Saat ini banyak anak-anak yang tidak mengetahui hari-hari besar Islam, jadi kegiatan yang bertajuk gebyar tahun baru Islam 1438 Hijriah ini ditujukan untuk syiar dan menanamkan kecintaan kepada agama Islam,” kata Kepala Kemenag Kaur, H. Arsan Suryani MHI, sesaat sebelum melepas pawai ta’aruf di sekitar lapangan Merdeka Kota Bintuhan, kemarin (30/9).

Dikatakannya, kegiatan pawai ta’aruf bertujuan mengingatkan warga Kaur, bahwa sudah memasuki tahun baru Islam. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengajak para pelajar, santri untuk kembali memberikan semangat dalam memasuki tahun baru Islam 1438 H ini. Diharapkan agar tahun ini dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain.

“Sudah tiga tahun ini kita peringati terus kegiatan tahun baru Islam dan ini sudah menjadi agenda Kemenag Kaur. Untuk tahun ini pawai taaruf kita lakukan di dua tempat yaitu Kota Bintuhan dan Nasal. Kegiatan ini juga untuk membangun ukhuwah islamiyah,” ujarnya.

Dari hasil pantauan BE kemarin, pawai ta’aruf yang digelar sekitar pukul 07.30 WIB, diikuti oleh Kapolres Kaur Bambang Purwanto SIK, Ketua MUI Kaur Wahyu Dadsi serta beberapa Kepala SKPD. Kegiatan ini juga menjadi perhatian warga kota Bintuhan dan sekitarnya. Karena selaian diikuti ratusan pelajar dan TPA, juga dimeriahkan drum band dari MAN Bintuhan, MIN Bintuhan dan juga MTsN Bintuhan. Rute yang dilintasi oleh rombongan pawai yakni Kampung Masjid, Kepala Pasar, Pasar Impres, Pasar Baru baru kembali lagi ke lapangan Merdeka Kota Bintuhan. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: