Bencana, Warga Jangan Panik

Bencana, Warga Jangan Panik

MASYARAKAT Kepahiang diminta tetap tenang dalam menghadapi musibah bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Warga diharapkan tidak panik, sehingga dapat melakukan proses evakuasi secara mandiri sebelum adanya petugas yang datang ke lokasi bencana tersebut.

Demikian diungkapkan Staf Ahli Bupati, Helmi Iskandar SE saat membuka kegiatan pembentukan dan pembinaan desa tangguh bencana  di Desa Bogor Baru, Rabu (14/9).

\"Dalam menghadapi musibah bencana diharapkan masyarakat agar tidak panik,\" ujarnya.

Menurutnya, dalam kondisi panik manusia akan cenderung kehilangan akal sehat. Sehingga tidak bisa memperhitungan apa yang semestinya dilakukan dalam menghadapi bencana. \"Jadi harus tenang, dan mengambil langkah langkah yang terukur untuk keselamatan,\" kata Helmi

Sementara Kepala BPBD Kepahiang, Burlian SE menerangkan kegiatan pembentukan dan pembinaan desa tangguh bencana bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana. \"Melalui kegiatan ini kita ingin meningkatkan pemahaman pemerintah desa, kelurahan dalam menanggulangi bencana serta meningkatkan keterampilan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam,\" ujar Burlian.

Menurutnya, 50 orang peserta ikut dalam kegiatan itu yang meliputi dinas instansi dan sektor terkait serta masyarakat desa. Dengan narasumber BPBD Provinsi, PMI Provinsi, badan vulkanolosgi, dan BMKG. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: