Pelaku Rampok Juga Ikut Ngantre di Bank

Pelaku Rampok Juga Ikut Ngantre di Bank

\"Ary,

CURUP, BE - Jajaran penyidik Polres Rejang Lebong terus melakukan pengembangan terkait dengan aksi pencurian dan pemberatan dengan kerugian Rp 400 juta pada Rabu (24/8) kemarin. Dari hasil pengembangan yang dilakukan penyidik, diketahui bahwa para pelaku sudah mengintai korban saat melakukan transaksi di bank.

\"Korban sudah diikuti oleh para pelaku sejak melakukan transaksi di bank,\" ungkap Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIK melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar SH SIK.

Menurut Chusnul berdasarkan keterangan yang diberikan tersangka Yogi yang berhasil diamankan petugas hanya berselang dua jam dari menjalankan aksinya, saat akan melakukan aksi Curat para pelaku yang berjumlah 4 orang membagi tugas. Dimana dalam pembagian tugas tersebut salah satu pelaku ditugaskan untuk mencari korbannya dengan berpura-pura ikut mengantre di bank tempat korban mengambil uang.

Oleh karena itu menurut Chusnul, guna kepentingan penyidikan terhadap tersangka yang pura-pura melakukan transaksi di bank tempat korban mengambil uang yaitu Bank Mandiri yang ada di Pasar Tengah Kota Curup, petugas akan meminta rekaman CCTV dari pihak bank.

\"Setelah menetapkan tersangkanya, kemudian para pelaku ini kembali membagi tugas, ada yang sebagai pemantau, ada juga yang mengikuti hingga menjadi eksekutor,\" papar Chusnul.

Lebih lanjut Chusnul mengungkapkan untuk jumlah pelaku sendiri berdasarkan keterangan tersangka Yogi, hanya berempat termasuk Yogi sendiri. Selain itu, ternyata satu dari tiga orang tersangka yang saat ini masih diburu petugas Polres Rejang Lebong yang berkoordinasi dengan Polres Lubuklinggau merupakan warga Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

\"Untuk tiga tersangka lainnya yang identitasnya sudah kita kantongi saat ini masih terus kita kejar, selain warga Lubuklinggau, satunya merupakan warga PUT,\" terang Kasat Reskrim.

Masih menurut Chusnul, meskipun sebelumnya Yogi mengaku baru pertama kali melakukan aksi Curat dengan korbannya nasabah bank. Namun berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan petugas, Yogi mengaku sudah tiga kali melakukan aksi Curat dengan target nasabah bank. Salah satunya yang dilakukannya pada Rabu (24/8) kemarin, sedangkan duanya lagi dilakukan diwilayah hukum Polres Lubuklinggau.

\"Sedangkan untuk pelaku lainnya kita belum tahu persis, namun berdasarkan keterangan si Yo kawan-kawannya sudah sering Curat seperti ini,\" papar AKP Chusnul.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, aksi pencurian dengan pemberatan terjadi pada Rabu (24/8) sore. Korbannya adalah suami istri Mawan Putra (36) dan Aneka Putri (33) warga Desa Sosokan Baru Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Kejadian nahas yang dialami keduanya terjadi di Jalan Suprapto Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah, tepatnya di depan Toko Meubel Eri Leman. Dari kejadian tersebut para pelaku berhasil mengambil uang sebesar Rp 400 juta milik korban.

Hanya berselang sekitar dua jam, satu orang pelaku berhasil diamankan adalah Yogi Erika (25), warga Lubuk Aman Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 Kota Lubuklinggau itu, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kakinya, karena mencoba kabur saat hendak ditangkap. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: