Fortuner Remuk Ditimpa Pohon Tua

Fortuner Remuk Ditimpa Pohon Tua

 \"Fortuner BENGKULU, BE - Satu unit mobil Toyota Fortuner nomor polisi BD 1 RI yang sedang melintas, tertimpa pohon tumbang yang berada di pinggir Jalan Adam Malik Km 9 Kota Bengkulu tepat di depan Gedung Bulog Sidomulyo, sekitar pukul 15.00 WIB, kemarin (19/8).

Atas insiden ini mobil mengalami rusak berat di bagian atap, kaca samping kanan dan belakang. Beruntung kejadian itu tak menimbulkan korban jiwa.

Hamdan S (38), warga Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu yang mengemudikan mobil naas itu, menceritakan, ia dari arah Polda Bengkulu mengemudikan mobil sendirian, hendak menuju SDIT Iqra II di Jalan Merawan Sawah Lebar, Ratu Agung, Kota Bengkulu untuk menjemput anaknya.

Namun sesampainya di depan gedung Bulog, ia kaget lantaran pohon yang berada dipinggir jalan seketika menimpa bagian belakang mobil yang dikemudikannya. Sehingga ia langsung menghentikan kendaraan.

\'\'Dari jauh memang lah nampak miring pohon itu, tapi saya gas terus, lalu pohon menimpa atas bagian belakang mobil,\'\' ujarnya ditemui Bengkulu Ekspress (BE) saat di tempat kejadian, kemarin.

Akibat kejadian itu, ia mengaku mengalami kerugian hingga Rp 15 juta untuk memperbaiki mobil yang rusak. Bahkan ia menyebutkan kendaraan itu milik adiknya, H Suhan, tinggal di Jalan Suka Maju, Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. \'\'Bisa abis Rp 20 juta ngelok mobil ni, mano mobil bukan milik sayo, yo namonyo musibah,\'\' ungkapnya.

Zulma alias Ema, saksi mata, menyebutkan, saat kejadian pohon sudah miring, pengemudi tetap melewatinya, dan benar saja ketika mobil melintas, pohon langsung menimpanya. \'\'Waktu mobil (Fortuner, red) itu lewat, pohon yang sudah miring menimpa bagian belakang mobil,\'\' tutur Ema, bersama ibu-ibu lainnya ketika berada persis di depan warung tempat kejadian.

Ia mengatakan, pohon itu usianya sudah lebih dari 30 tahun. Karena sudah tua dan lapuk, pohon itu memang tinggal menunggu waktu untuk tumbang.

Kapolda Bengkulu yang pada saat itu sedang berada tidak jauh dari TKP, langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan pemotongan pohon, agar tidak mengakibatkan kemacetan jalan cukup lama. Setelah selesai membersihkan pohon yang tumbang, untuk menghindari adanya pohon tumbang susulan, akhirnya sebuah pohon pinus yang telah berumur dan dikhawatirkan juga akan roboh juga ikut ditebang.

Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs M Ghufron MM MSi mengatakan, sebenarnya pohon yang ditanam di pinggir jalan memiliki berbagai fungsi seperti memberikan tanda pinggir sebuah jalan, tetapi untuk pohon-pohon yang sudah tua seperti kejadian barusan (kemarin), dirinya melihat tanah yang menyangga pohon sudah sangat gembur dan juga karena beberapa hari ini curah hujan cukup besar. Selain tu juga karena pohon sudah lapuk dan sudah tua.

\"Akibat kejadian ini ada satu mobil yang tertimpa bagian belakangnya, cukup lumayanlah kerusakannya,\" jelasnya Dengan adanya kejadian ini, Kapolda berharap kejadian pohon-pohon yang tumbang tidak terjadi lagi. Apalagi di sepanjang pinggir jalan banyak sekali pohon, sehingga dirinya berharap juga pihak pemerintah setempat untuk selalu melakukan patroli untuk mengecek pohon-pohon mana yang kira-kira sudah mulai lapuk dan bahaya akan tumbang untuk dilakukan pemotongan.

\"Bila dipotong mudah-mudahan saja tidak membahayakan orang-orang pengguna jalan,\" ujarnya.(cw5/614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: