Buku Nikah Tinggal 150 Pasang

Buku Nikah Tinggal 150 Pasang

\"CREATOR:

BINTUHAN, BE - Bagi pasangan pengantin baru yang menikah di wilayah Kaur, sepertinya harus sedikit bersabar. Jangan terkejut jika setelah melangsungkan akad, nantinya hanya diberi surat keterangan nikah (SKN) sebagai pengganti buku nikah oleh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. SKN yang diberikan itu sifatnya hanya sementara. Sebab, buku nikah saat ini stoknya mulai menipis. Walaupun demikian, masih aman untuk beberapa bulan ke depan.

“Sekarang ini yang tersisa 150 pasang lagi buku nikah. Walaupun demikian, ini masih cukup dengan stok di KUA wilayah Kaur ini,” kata Kepala Kemenag Kaur H. Arsan Suryani SAg MhI melalui Kepala Penyelenggara Syari’ah Drs. Herli Suheri, Senin (15/8) kemarin.

Dikatakannya, menipisnya stok buku nikah tersebut sudah berlangsung sejak beberapa pekan ini. Menurutnya, persediaan yang ada saat ini sangat terbatas. Oleh karena itu, pihaknya harus memilah KUA mana yang paling membutuhkan distribusi buku nikah terlebih dahulu.

“Kita lihat permintaan dari tiap-tiap KUA yang ada di masing-masing kecamatan. Yang paling banyak minta, itu dulu yang kita jadikan prioritas,” jelasnya.

Lanjutnya, tahun ini pemerintah pusat melalui Kanwil Bengkulu sebelumnya telah mengirimkan pasokan buku nikah untuk Kaur sekitar 500 pasang. Juga masing-masing KUA saat ini kewalahan menangani permintaan dari para pemohon nikah. Sebab angka pernikahan akhir-akhir ini lebih banyak ketimbang bulan bulan sebelumnya.

“Ya memang setiap abis lebaran dan bulan haji seperti ini, orang yang melangsungkan pernikahan sangat banyak sekali. Ini sudah hal yang bisa terjadi setiap abis lebaran,”ujarnya.

Ditambahkannya, jika nanti habis pihaknya akan meminta bantuan kepada Kemenag Provinsi Bengkulu untuk memenuhi pasokan buku nikah, Herli mengaku, setiap tahun pihaknya meminta kepada Kanwil Provinsi Bengkulu untuk meminta lebih seperti biasanya.

\"Seperti bulan Mei tahun 2016 lalu, kami meminta 500 pasang buku nikah, dan saat ini masih tersisah 150 pasang lagi,” tutupnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: