Seluma Belum Punya TMP

Seluma Belum Punya TMP

SUKARAJA,BE - Meski Kabupaten Seluma sudah12 tahun dimekarkan, namun hingga saat ini belum juga memiliki taman makam pahlawan (TMP). Sebagai lokasi pemakaman para pahlawan asal daerah ini. Padahal setiap ada pertemuan dengan veteran, pejabat Seluma selalu meminta sumbangsih saran dari veteran dan veteran mengusulkan dibuatnya TMP di daerah ini, tapi sampai kini belum juga direalisasikan.

Salah seorang anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) Seluma A Rahman KP menyampaikan kritikan ini disela-sela kegiatan karya bakti kebersihan di Tugu Perjuangan Front Selatan monumen perjuangan Mayor Kenadi, Desa Jenggalu kecamatan Sukaraja oleh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0425 Seluma bersama veteran dan masyarakat.

Ia merasa prihatin dengan pejuang kemerdekaan RI di Seluma. Pasalnya, hingga saat ini TMP Kabupaten Seluma tak kunjung ada.

\"Padahal setiap pertemuan dan kegiatan selalu ditanyakan masukan dan saran dari veteran. Bahkan setiap tahunnya usulan pembangunan TMP tersebut sudah disampaikan, namun ironisnya 12 tahun kabupaten Seluma dimekarkan TMP tak kunjung ada. Selama ini hanya ada omongan saja bukti dari TMP tersebut mana,” sampainya.

Dampak tidak adanya TMP di Seluma, veteran asal Seluma yang mangkat dikebumikan bersama pahlawan lainnya di TMP Balai Buntar di Kota Bengkulu. Sedikitnya sudah ada sebanyak 10 pahlawan asli Seluma telah dimakamkan di Balai Buntar. Namun hal ini tidak juga membuat Pmda Seluma menyediakan lahan dan pembangunan TMP tersebut.

“Jika memang ada lokasi TMP maka pasang papan mereknya. Ini hanya bisa digadang-gadangkan saja pembangunannya namun realisasinya tidak ada,” keluhnya

Bupati Kecewa

Belum adanya TMP di Seluma ternyata juga membuat Bupati Bundra Jaya SH MH gusar dan kecewa. Menurut Bupati, Pemda Seluma telah merencanakan pembangunan taman makam pahlawan (TMP) di Kabupaten Seluma telah direncanakan dibangun di Desa Air Latak Kecamatan Seluma Barat. Bupati mengeluhkan belum adanya TMP akibat lambannya kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menangani masalah itu. Padahal sudah disiapkan anggaran Rp 1 milliar untuk pembebasan lahan dan pematangan lahan lokasi TMP tersebut.

\'\'Seharusnya dinas itu bekerja terlebih dahulu dengan anggaran yang ada. Selain persiapan lahannya, bangun pagarnya, serta persiapan lainnya. Setelah itu barulah mengusulkan lagi anggaran ke kementrian,” tegasnya.

Bupati menegaskan dinas yang menangani masalah TMP harus lebih aktif lagi mengusulkan anggarannya ke pusat. Kementerian ingin melihat sejauhmana keseriusan pemerintah daerah. Kalau kita serius, mereka pasti bersedia mengucurkan anggaran,” pungkasnya. Untuk mendapatkan anggaran dari Pemerintah RI tentunya dilihat dulu sejauhmana keseriusan pemerintah daerah. Jika memang di daerah sudah dilakukan persiapan pembangunan sampai matang tentunya pemerintah mudah mengucurkan dana bantuannya.

“Terpenting kita bergerak dulu baru mengajukan sejumlah kekurangan tersebut ke pusat,” tukasnya.

Bupati kecewa bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI kali ini, Pemkab Seluma belum juga punya TMP yang akan dijadikan sebagai lokasi renungan suci untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan RI. Ditambah lagi, TMP selama ini selalu digadang-gadangkan. Jelas ini mencoreng muka sendiri.

Saat ini lokasi persiapan pembangunan TMP Seluma baru sebatas persiapan lahan. Lahan yang sebelumnya sedikit berbukit sudah diratakan. Untuk pembangunan TMP itu, Pemkab Seluma sudah membebaskan lahan lebih dari 3 hektar. Lahan ini akan digunakan untuk pembangunan TMP lengkap dengan sarana lainnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: