BMKG: Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan

BMKG: Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan

 \"Badai BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan Bengkulu masuk dalam kategori cuaca ekstrem. Kepala Seksi Observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudianto mengatakan, cuaca ekstrem ini diperkirakan akan terjadi sampai tanggal 23 Juni atau 6 hari kedepan.

\"Kondisi cuaca kita memang sudah ekstrem. Terutama terhadap bandai angin dan hujan,\" terang Sudianto kepada BE, Jumat (17/6).

Lanjutnya, dari hasil pantauan alat pengukur cuaca anemograf dan anemometer, kecepatan angin mencapai 5 hingga 30 knot. Kekuatan angin yang cukup tinggi ini sendiri disebabkan atas adanya perubuahan suhu. Perubahan ini lah yang membuat tekanan angin menjadi lebih ekstrim dari hari biasanya. \"Angin kencang ini terjadi rata-rata berada sepanjang pesisir pantai. Dari Mukomuko hingga Kaur. Ini juga harus diantisipasi kepada semua aktivitas di sepanjang pesisir pantai,\" terangnya.

Angin ini sendiri tentunya akan disertai dengan hujan. Dimana prakiraan cuaca selama 6 hari kedepan, hujan dengan instensitas ringgan hingga lebat akan terus terjadi di wilayah Bengkulu. \"Gelombang laut juga hrus diantisipasi. Karena gelombang saat ini masih berada dengan ketinggian 3 hingga 4 meter pada perairan Bengkulu dan Enggano,\" bebernya.

Antisipasi ini bukan hanya kepada wilayah pesisir pantai, BMKG juga meminta masyarakat yang berada didataran tinggi tetap waspada. Karena tanah longsor juga dapat terjadi sewaktu-waktu, hal ini mengingat instensitas hujan cukup tinggi. \"Tentu semua wilayah harus waspada kepada cuaca ekstrim yang terjadi saat ini. Terutama wilayah pesisir pantai,\" tandas Sudianto.(151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: