Pulau Tikus Ramai Pengunjung

Pulau Tikus Ramai Pengunjung

\"wisataWisata bahari Reservasi Pulau Tikus yang telah buka sejak 3 tahun terakhir yang ada di kawasan jalan Pariwisata Pantai Malabero Kota Bengkulu. Pada hari raya Idul Fitri wisatwan baik dari Provinsi Bengkulu, dari luar Bengkulu hingga turis manca negara ramai-ramai ke Pulau tikus. Sejak lebaran kedua hingga hari minggu ke depan sudah dipesan oleh wisatawan.

\"Setiap hari raya terutama Idul Fitri, wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Tikus sangat banyak serta sekarang turis mancanegara sudah mulai melirik keindahan Pulau Tikus,\" jelas Ketua Wisata bahari Reservasi Pulau Tikus, Thomas Orari kepada BE kemarin.

Selama hari raya Idul Fitri, wisatawan berangkat maksimal sebanyak 35 orang dalam satu hari. Yang memang dibatasi pengunjung tujuan ke Pulau Tikus Dengan berbagai alasan, seperti meminimalisir terjadinya dampak lingkungan yang disebabkan oleh pengunjung baik dari sampah maupun terumbu karangnya.

Sehingga bila wisatawan yang akan menuju ke pulau tikus tetapi melebihi dari 35 orang akan diberangkatkan keesokan harinya. \"Lonjakan wisatawan cukup banyak, tetapi selalu kita batasi karena aspek kedepan yang kita perhitungkan, bukannya kita tidak mau duit tetapi jika Pulau tikus rusak jadinya kita sendiri yang rugi, tidak ada lagi yang mau menuju kesana,\" jelas Thomas.

Untuk biaya pemberangkatan, tidak dirubah dari hari-hari biasanya yaitu paket transportasi only dengan harga Rp 150 ribu/ orang minimal pemberangkatan 10 orang dimana fasilitas yang bisa didapat seperti pemberangkatan pulang pergi, telah mendapatkan asuransi, jaket pelampung dan perlengkapannya, pemandu wisata serta dokumentasi foto snorkeling dan foto under water. Paket Join Package dengan harga Rp 275 ribu/orang dengan minimal pemberangkatan sebanyak 6 orang dengan fasilitas hanya saja akan ditambah makan siang, snek/makan ringan, air mineral, barbeqiu (BBQ) serta fasilitas yang ada di pulau tikus gratis.

Untuk paket Grup Package dengan harga Rp 250 ribu/orang minimal pemberangkatan sebanyak 10 orang. Tetapi jika yang berangkat tidak memenuhi minimal yang di tentukan pihak pengembang, wisatawan juga bisa memilih paket Fun Trip dengan minimal wisatawan sebanyak dua orang yang akan diangkut menuju pulau tikus. Biaya yang dibebankan sebesar Rp 550 ribu/ orang, minimal 2 orang, Rp 400 ribu/orang dengan jumlah wisatawan sebanyak 4 orang, Rp 350 ribu/orang dengan minimal wisatawan sebanyak 6 orang serta Rp 300 ribu/orag dengan minimal pemberangkatan sebanyak 8 orang wisatawan. \"Untuk Paket Fun Trip, kita akan berangkatkan walaupun hanya 2 orang wisatawan tetapi harga lebih tinggi dari paket lainnya,\" jelasnya.

Sedangkan untuk peket terakhir yaitu paket Family Gathering, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 450 ribu/orang dengan berwisata selama 1 hari penuh, apabila ingin berwisata selama 2 hari 1 malam akan dikenakan biaya sebesar Rp 750 ribu/orang.

Kelebihan dari paket Family Gathering dengan paket lainnya yaitu wisatawan akan diberikan pelatihan (tentang Outting, leader sif, kekompakan serta yang lainnya), dilengkapi Sounsystem untuk berpesta di pulau tikus serta masih ada kelebihan yang lainnya.

Ada paket promo yang diberikan pihak Wisata Bahari Reservasi Pulau tikus dengan Harga Rp 200 ribu/orang, semua fasilitas yang ada sudah didapatkan. \"Dengan catatan untuk promo ini, wisatawan harus sudah memesan 2 minggu sebelum pemberangkatan,\" jelasnya. Wisata bahari pulau tikus, akan berangkat pukul 08.00WIB berangkat sehingga pukul setengah delapan wisatawan harus sudah ada di tempat berkumpul, serta pukul 17.00WIB wisatawan pulang ketempat berkumpul sebelumnya dengan jadwal yang tidak berubah setiap harinya, dengan waktu tempuh lebih kurang 30-40 menit.

Untuk selalu menjaga kelestarian pulau tikus pihak pengembang wisata selalu menyampaikan dan perlu di ingat dan dipahami oleh wisatawan yaitu jangan pernah sekalipun menginjak terumbu karang, mengaduk sedimen, mengejar atau menyentuh hewan laut, membuang sampah sembarangan serta mengoleksi hewan laut baik hidup maupun yang telah mati.(cw4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: