Prona 2012 Belum Tuntas

Prona 2012 Belum Tuntas

ARGA MAKMUR, BE - Pelaksanaan program nasional (Prona) Sertifikasi massal  kembali belum selesai di penghujung tahun ini. Kepala kantor badan pertanahan nasional (BPN) Bengkulu Utara, Chandra D Putra SH menjelaskan belum terselesaikannya pelaksanaan Prona tersebut karena minimnya tenaga pegawai di lapangan yang hanya berjumlah lima orang, \"Seluruh Indonesia tenaga kepegawaian ini kurang karena kantor pertanahan semuanya ditentukan dari pusat. Maksimalnya dibutuhkan 10 hingga 15 orang, sedangkan saat ini jumlah pegawai hanya mencapai 23 pegawai yang terbagi di bidangnya masing-masing,\" jelas Chandra.

Meski minim personil,  ia menuturkan tetap optimis selesai diakhir tahun ini. Saat ini telah selesai 3 ribu Prona karena target pusat sudah ditentukan satu tahun anggaran dari subsidi APBN. \"Saat ini baru 70% selesai, dan dipastikan akhir tahun selesai,\" singkatnya. Sementara untuk tahun depan, BPN tetap mengajukan Prona .

Namun yang menentukan besaran kuota berdasarkan keputusan pusat. Diterangkannya, 70 % Prona yang selesai dikerjakan tersebut sebanyak 3.500 kuota untuk 53 desa di Kabupaten Bengkulu Utara yang ditentukan dari minat dan permohonan dari desa, adapun persyaratan pembuatan prona adalah diperuntukkan untuk masyarakat ekonomi lemah, dan harus merata. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: