Butuh Buku Sejarah Lebong

Butuh Buku Sejarah Lebong

AMEN, BE - Hingga saat ini, Perpustakaan Daerah (Pusda) Kabupaten Lebong masih belum memiliki koleksi buku sejarah mengenai asal usul Kabupaten Lebong. Padahal buku sejarah tersebut merupakan cara untuk mengetahui asal-usul suatu daerah.

Meskipun banyak dokumen sejarah seperti foto dan sisa-sisa masa peningalan penjajahan Belanda puluhan tahun silam di Kabupaten Lebong, namun buku sejarah yang menceritakan sejarah Kabupaten Lebong terrsebut belum ada.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lebong, Suhartono SPd MSi melalui Kasi Pelayanan dan Referentasi, Supian mengatakan, berdasarkan cerita dahulu memang Kabupaten Lebong sebagai daerah penghasil emas, bahkan emas yang berada di puncak Tugu Monas Jakarta sebagian berasal dari tambang emas di Kabupaten Lebong.

\"Tetapi hal tersebut hanya sebatas cerita dan kisah sejarah dari mulut ke mulut, pasalnya sejauh ini belum adanya buku sejarah Lebong yang menceritakan hal tersebut,\" ungkap Supian.

Untuk itu pihaknya berharap adanya upaya dari berbagai pihak, terkait cerita tersebut agar tidak punah untuk di tempatkan dan dijadikan buku di dalam Perpustakaan Daerah Lebong. \"Sulit untuk menyatukan cerita sejarah Lebong sejak zaman dahulunya kita tahu Lebong dahulunya bergabung dengan Kabupaten Rejang Lebong, banyak sejarah yang jika tidak di bukukan bakal punah,\" katanya.

Selain itu, saat ini untuk dokumen serta cerita sejarah sangat banyak dan seringkali terdengar dan berkembang di kalangan masyarakat. Namun untuk karya tulisnya masih belum di ketemukan di perpustakaan daerah Lebong. \"Menurut cerita banyak sejarah yang dapat di tarik sebuah kisah di Lebong tetapi harapan kita adanya penulis yang mampu menceritakan bagaimana sebenarnya sejarah Lebong tersebut agar bisa dikenang hingga anak cucu kita nanti,\" harap Supian.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: