Tips Mencegah Gula Darah Rendah dengan Cara Ini

Tips Mencegah Gula Darah Rendah dengan Cara Ini

Penyebab paling umum terjadinya gula darah rendah adalah ketika Anda terlambat makan dari waktu makan biasanya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar Gula darah atau glukosa di dalam tubuh berada di bawah kadar normal. Jika kadar glukosa sangat rendah, tubuh akan kekurangan energi sehingga akan mengganggu aktivitas Anda, bahkan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.

Penyebab paling umum terjadinya Gula darah rendah adalah ketika Anda terlambat makan dari waktu makan biasanya. Selain itu, Gula darah rendah lebih sering terjadi pada penderita diabetes karena penggunaan obat-obatan insulin atau obat antidiabetes yang diminum.

BACA JUGA:Terapi Senam Otak untuk Mencegah dan Mengurangi Pikun

Risiko penurunan gula darah akan lebih besar pada penderita diabetes yang melakukan olahraga lebih berat daripada biasanya, makan lebih sedikit daripada biasanya atau menjalani diet yang terlalu ketat, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Cara Mencegah Gula Darah Rendah
Jika Anda rentan terserang hipoglikemia, misalnya karena menderita diabetes dan rutin menggunakan obat diabetes atau insulin, beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut:

1. Memeriksa kadar gula darah secara teratur
Rajin-rajinlah memeriksa kadar gula darah sesuai anjuran dari dokter. Anda dapat melakukan pemeriksaan gula darah sendiri menggunakan glukometer (alat pengukur gula darah) di rumah. Pelajari cara penggunaannya sesuai petunjuk pemakaian alat atau pengarahan dokter.

BACA JUGA:Uang Palsu Beredar di Kota Bengkulu, Apotek Jadi Korban

2. Mengatur pola makan yang teratur
Untuk mencegah gula darah rendah, Anda dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan makan dalam porsi kecil setiap 3–4 jam. Pola makan seperti itu lebih dianjurkan daripada makan besar sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Pilih menu makanan seimbang
Konsumsi menu makan seimbang dapat membantu mencegah gula darah rendah yang dapat menjadi salah satu penyebab kepala kliyengan. Jadi, pastikan bawa dalam menu makanan Anda terdapat karbohidrat, protein, serat, dan lemak sehat agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA:Begini Proses Perubahan Bentuk Payudara Ibu Hamil Beserta Tahapannya

Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki indeks glikemik yang rendah. Untuk karbohidrat, sebaiknya pilih yang karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya adalah beras merah roti gandum, kacang polong, buncis, dan biji-bijian.

4. Sediakan camilan
Sebisa mungkin siapkan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein di mana pun Anda berada, apalagi jika Anda sedang memiliki aktivitas yang banyak. Makanan ringan atau camilan dapat membantu mencegah gula darah rendah.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Hilangan Ingatan dan Cara Pencegahannya

Selain itu, bagi Anda yang menderita diabetes disarankan untuk selalu mematuhi petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat-obat antidiabetes, termasuk insulin. Aturan pola makan dari dokter atau ahli gizi Anda juga harus dipatuhi. Tujuannya adalah agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari brittle diabetes, dan komplikasi kadar gula darah rendah. Mengendalikan kadar gula darah untuk menghindari gula darah rendah memang membutuhkan kedisiplinan, terutama dalam mengatur pola makan.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: