Membuat Pupuk Kompos dari Keladi, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

Membuat Pupuk Kompos dari Keladi, Ini Manfaatnya Bagi Tanaman

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Keladi serta Manfaatnya Bagi Tanaman-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

7. Mempercepat Proses Dekomposisi Bahan Lain: Keladi yang diolah menjadi kompos kaya akan nutrisi yang mempercepat proses penguraian bahan organik lainnya, menjadikannya bahan campuran yang baik saat membuat kompos dari berbagai jenis limbah organik.

8. Meningkatkan Kesuburan Tanah Jangka Panjang: Penggunaan kompos secara berkelanjutan akan memperbaiki kandungan organik tanah dalam jangka panjang, sehingga tanah tetap subur meski dalam kondisi penanaman intensif.

9. Mengurangi Penyakit Tanaman: Kompos dari keladi yang matang dengan baik bisa membantu mencegah beberapa jenis penyakit tanaman karena meningkatkan mikrobiota tanah yang baik, yang dapat melawan patogen penyebab penyakit.

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Keladi:

- Bahan: Gunakan sisa-sisa tanaman keladi, seperti daun yang gugur, batang, umbi yang tidak terpakai, dan bagian lainnya.

BACA JUGA:Manfaat Kulit Lemon, Bagus untuk Pupuk Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Lumut, Juga Bisa Dijadikan Sebagai Pupuk Tanaman

- Langkah: 

1.  Campurkan bahan keladi dengan bahan organik lainnya seperti jerami, daun kering, atau serbuk gergaji untuk mempercepat proses dekomposisi.

2. Tambahkan air secukupnya untuk menjaga kelembapan, dan aduk secara berkala agar proses pembusukan berjalan merata.

Pupuk kompos dari keladi merupakan solusi alami untuk menjaga kesuburan tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman yang sehat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: