Pemprov Bengkulu: Kedepankan Akal Sehat dan Jangan Mudah Terprovokasi di Pilkada 2024

Pemprov Bengkulu: Kedepankan Akal Sehat dan Jangan Mudah Terprovokasi di Pilkada 2024

Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama MAFINDO menggelar kegiatan literasi digital untuk masyarakat demi mewujudkan pilkada bermartabat, di Bengkulu, Selasa. (8/10/2024) -adv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu meminta semua pihak untuk mengedepankan akal sehat dan tidak mudah terprovokasi dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024.

"Kedepankan akal sehat dan tidak gampang terprovokasi. Dan selalu tentu menggunakan data dan fakta sebelum mengambil kesimpulan (tindakan)," kata Asisten I Pemerintah Provinsi Bengkulu Khairil Anwar di Bengkulu, Selasa (8/10).

Dia mengatakan suatu kewajaran suasana pemilihan umum terasa suasana kontestasinya. Namun, kata dia jangan sampai suasana memanas dan berujung pada konflik perpecahan hanya karena termakan data tidak benar dan terprovokasi.

Menurut dia suasana saat ini dalam keadaan kondusif namun tentunya juga memanas karena kontestasi politik, dan yang paling terasa yakni di media sosial.

BACA JUGA:Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Dijadwalkan Jumat Mendatang

BACA JUGA:Pesawat Tanpa Awak (Drone) Palapa S-1 Siap Deteksi Dini Karhutla

Menurut dia meskipun suasana saat ini panas, ketika masyarakat tetap mengedepankan akal sehat dan tidak mudah terprovokasi, maka suasana sekarang ini tentunya tidak akan berujung pada perpecahan, gesekan ataupun konflik. 

Untuk ruang digital, Khairil Anwar meminta masyarakat agar lebih teliti memastikan data yang akurat, melakukan verifikasi data dan informasi yang valid, dan tetap berhati-hati dalam bermedia daring.

"Jangan sampai seenaknya saja membuat konten sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pihak-pihak lain. 2024 ini berbeda dengan pilkada 2024, karena serentak se Indonesia, kami berharap dampak positif (dengan saling jaga, beretika di ruang digital, dan tidak mudah terprovokasi," ujarnya.

Khairil menyampaikan itu saat kegiatan literasi digital untuk menciptakan Pilkada Serentak 2024 bermartabat yang bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

 BACA JUGA:Kementerian ESDM Berencana Menghentikan Operasional 13 Unit PLTU di Indonesia

BACA JUGA:Bawaslu Provinsi Bengkulu Gelar Apel Siaga Penertiban Alat Peraga Pilkada

Koordinator Wilayah Mafindo Provinsi Bengkulu sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Gushevinalti mengatakan peningkatan literasi digital masyarakat begitu penting terutama ketika penyelenggaraan pesta demokrasi.  (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: