Waspada! Inilah 8 Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

Waspada! Inilah 8 Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

Ciri-ciri makanan yang mengandung boraks-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Boraks, atau dikenal juga dengan nama natrium tetraborat, adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam industri untuk keperluan pengawet, pembersih, dan pelarut. 

Secara umum, boraks tidak diperuntukkan sebagai bahan tambahan makanan, karena jika dikonsumsi, bahan ini dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. 

Namun, di beberapa tempat, boraks masih sering disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meningkatkan tekstur, memperpanjang masa simpan, dan membuat tampilan makanan lebih menarik.

Ini biasanya dilakukan pada produk seperti bakso, mi, kerupuk, dan kue-kue tradisional.

Penggunaan boraks dalam makanan tidak diperbolehkan karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti keracunan akut, gangguan pada sistem saraf, hingga risiko kanker jika dikonsumsi dalam jangka panjang. 

BACA JUGA:Tato Henna! Ketahui Dulu Hal Ini Sebelum Menggunakannya

BACA JUGA:Kenali 10 Penyebab Mengapa Bekas Jerawat Sulit Dihilangkan

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri makanan yang mengandung boraks agar bisa lebih waspada dan menghindari konsumsi makanan berbahaya tersebut.

Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

1. Tekstur yang Terlalu Kenyal dan Elastis

Makanan yang mengandung boraks biasanya memiliki tekstur yang lebih kenyal, padat, dan elastis dibandingkan makanan serupa yang tidak menggunakan boraks. 

Misalnya, bakso atau mi yang mengandung boraks cenderung lebih “memantul” ketika ditekan atau dipotong. 

Hal ini disebabkan oleh sifat boraks yang mampu mengikat air dan protein, sehingga membuat makanan menjadi lebih kental dan kenyal. Pada kerupuk, boraks dapat memberikan tekstur yang lebih renyah dan tahan lama.

BACA JUGA:Kerutan di Bibir Mulai Terlihat? Begini 9 Cara Menghilangkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: