Waspada! Inilah 8 Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

Waspada! Inilah 8 Ciri-ciri Makanan yang Mengandung Boraks

Ciri-ciri makanan yang mengandung boraks-Pinterest-

BACA JUGA:Biar Gak Salah! Ini Lho Bedanya Beras Shirataki dan Beras Porang

2. Permukaan yang Terlalu Halus

Beberapa makanan seperti tahu atau bakso yang mengandung boraks biasanya memiliki permukaan yang lebih halus dan mulus. 

Ini disebabkan karena boraks membantu mengikat bahan baku dengan lebih baik, sehingga menghasilkan tekstur yang halus tanpa adanya pori-pori yang kasar.

3. Warna yang Lebih Cerah atau Tidak Alami

Makanan yang menggunakan boraks sering kali terlihat lebih cerah atau memiliki warna yang tidak alami dibandingkan makanan tanpa boraks. 

Misalnya, mi atau lontong yang menggunakan boraks mungkin terlihat lebih kuning atau putih bersih. Pada beberapa jenis makanan kering seperti kerupuk, warnanya bisa terlihat terlalu putih dan mengkilap.

BACA JUGA:Lebih Terjaga Keasliannya, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Solusi Alami Atasi Bibir Gelap, Ini 5 Bahan Alami Scrub dan Cara Membuatnya

4. Tidak Mudah Hancur dan Lebih Elastis

Sifat boraks yang mengikat protein dan mengubah tekstur makanan membuat makanan yang mengandung boraks tidak mudah hancur, meskipun sudah dibiarkan dalam waktu lama. 

Sebagai contoh, bakso yang mengandung boraks akan tetap padat dan tidak mudah remuk ketika ditekan. Demikian pula, kerupuk yang mengandung boraks akan terasa lebih keras dan elastis, sulit dipecah dengan tangan.

5. Aroma yang Tidak Biasa

Makanan yang mengandung boraks terkadang memiliki aroma yang kurang alami atau sedikit berbeda dibandingkan makanan sejenis yang tidak menggunakan boraks. 

Aroma ini mungkin terkesan lebih tajam, kimiawi, atau tidak segar. Pada beberapa makanan, penggunaan boraks bahkan dapat menutupi aroma asli dari bahan dasar makanan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: