Pertamina Lakukan Penyesuaian Harga BBM Non-subsidi Oktober 2024: Pertamax dan Dex Series Alami Penurunan

Pertamina Lakukan Penyesuaian Harga BBM Non-subsidi Oktober 2024: Pertamax dan Dex Series Alami Penurunan

Pengisian BBM di salah satu SPBU di Kota Bengkulu-foto: ary-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), telah melakukan penyesuaian harga BBM Non-subsidi yang berlaku mulai 1 Oktober 2024. Penyesuaian ini mencakup penurunan signifikan pada harga Pertamax Series dan Dex Series.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa penyesuaian harga ini merupakan hasil evaluasi berkala yang mengikuti tren harga minyak dunia berdasarkan Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.Serta mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

"Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM Non-subsidi rutin dilakukan. Pada Oktober ini, semua harga BBM Non-subsidi Pertamina mengalami penurunan harga," kata Heppy, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA:Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak

BACA JUGA:Pameran Kain Nusantara Sukses Dihadiri 7.243 Pengunjung di Pekanbaru

Harga baru untuk Pertamax Turbo (RON 98) ditetapkan menjadi Rp 13.550 per liter, sedangkan Pertamax (RON 92) turun menjadi Rp 12.400 per liter. 

Untuk Dexlite (CN 51), harga disesuaikan menjadi Rp 13.000 per liter, dan Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 13.450 per liter. 

Harga ini berlaku di wilayah dengan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 7,5%, seperti di Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, dan Bangka Belitung.

Sementara itu, di wilayah Bengkulu yang memiliki PBBKB sebesar 10%, harga Pertamax Turbo (RON 98) disesuaikan menjadi Rp 13.850 per liter, Pertamax (RON 92) menjadi Rp 12.650 per liter, Dexlite (CN 51) menjadi Rp 13.250 per liter, dan Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 13.750 per liter.

BACA JUGA:Lembaga Adat Melayu Riau Provinsi Riau Keluarkan Warkah Petuah Amanah Tentang Pilkada se-Riau

BACA JUGA:Lampaui Target dan Rencana, Progres Pembangunan IKN Sangat Positif

Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Sumbagsel, menambahkan bahwa Pertamina terus berkomitmen untuk menyediakan produk BBM berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia.

"Kami berusaha menjaga kualitas produk yang terjamin dengan harga yang sesuai, demi mendukung mobilitas masyarakat di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Kendati demikian, penyesuaian harga ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar di tengah dinamika harga minyak global. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: penyesuaian harga bbm