Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak

Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak

Gempa bumi di Bandung Jawa Barat-disway.id/istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin (17/9/2024). Guncangan kuat tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan, rumah warga, serta fasilitas umum di Pangalengan dan Kertasari.

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), beberapa rumah warga mengalami kerusakan signifikan, terutama di bagian dinding, atap, dan pagar. Tingkat kerusakan bervariasi dari ringan hingga berat. Selain itu, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, dan kantor polisi juga ikut terdampak akibat gempa tersebut.

Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa ini dirasakan kuat oleh warga selama 3-5 detik, yang membuat banyak dari mereka bergegas keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Provinsi Jawa Barat, BPBD Kabupaten Bandung, serta lintas instansi lainnya langsung melakukan kaji cepat dan monitoring di lokasi terdampak untuk memastikan keselamatan warga.

BACA JUGA:Pameran Kain Nusantara Sukses Dihadiri 7.243 Pengunjung di Pekanbaru

BACA JUGA:Klik di Sini! Berikut 64 Link Mengecek Hasil Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2024

"Saat ini tim sudah berada di lapangan untuk melakukan penyelamatan serta penilaian cepat terhadap kerusakan dan dampak yang ditimbulkan," ungkap perwakilan BPBD Jawa Barat.

Tidak Ada Tsunami, Warga Diminta Tetap Waspada

Berdasarkan data dari BMKG, gempa ini merupakan gempa dangkal dengan kedalaman 10 kilometer. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa gempa ini diakibatkan oleh mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal), dan tidak memicu tsunami.

Meski demikian, warga tetap diimbau untuk waspada terhadap potensi gempa susulan, yang beberapa kali terdeteksi dengan magnitudo lebih kecil, berkisar antara 2 hingga 2,4.

BACA JUGA:Lembaga Adat Melayu Riau Provinsi Riau Keluarkan Warkah Petuah Amanah Tentang Pilkada se-Riau

BACA JUGA:Bingung Bagaimana Membeli e-Materai di Kantor Pos? Simak Persiapan dan Cara Membelinya

Kerusakan Meluas ke Beberapa Wilayah

Selain Kabupaten Bandung, getaran gempa juga dirasakan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Cimahi, dan wilayah sekitar. Laporan sementara menyebutkan tidak ada korban jiwa, namun kerusakan bangunan masih dalam penilaian lebih lanjut. Informasi terbaru terkait dampak dan penanganan bencana ini akan terus diperbarui oleh pihak berwenang.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: