Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Bendera setengah tiang-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, Pemerintah Kota Bengkulu mengimbau untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang baik di rumah, kantor, maupun di sekolah.

Imbauan itu berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor : 23224/MPK.F/TU. 02.03/2024.

Adapun bunyi Surat Edaran Kemdikbudristek tersebut menginstruksikan bahwa pada 30 September 2024, setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia agar mengibarkan bendera setengah tiang. 

"Hari Kesaktian Pancasila berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI). Peristiwa G30S/PKI kemudian menjadi latar belakang penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam peristiwa tersebut terbukti bahwa kedudukan Pancasila sebagai landasan negara tidak bisa digantikan ideologi lain," jelas Kadiskominfo Kota Bengkulu, Gita Gama, Jumat 27 September 2024.

BACA JUGA:Pelindo Regional 2 Bengkulu Jalin Kerjasama dengan Kejati Bengkulu Terkait Penanganan Masalah Hukum

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Gratiskan Pendaftaran Merek Dagang bagi UMKM Rekomendasi Diskop

Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober 2024 pukul 06.00 waktu setempat, bendera kembali dikibarkan satu tiang penuh.

Selain itu, pada tanggal 1 Oktober 2024 juga masyarakat dianjurkan untuk mendengarkan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Youtube Kemendikbud RI. 

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila diperingati tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 akan di gelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta. 

Serba-serbi upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 telah diinformasikan melalui pedoman upacara yang dirilis Kemendikbud RI. 

Tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". 

Puncak acara dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: