Waspada Penyakit Kulit, Ini 7 Penyebab Skin Barrier Rusak

Waspada Penyakit Kulit, Ini 7 Penyebab Skin Barrier Rusak

Penyebab skin barrier rusak -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Skin barrier atau lapisan pelindung kulit adalah bagian terluar dari kulit yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal, seperti polusi, bakteri, dan bahan kimia. 

Skin barrier yang sehat juga menjaga kelembapan kulit, membuatnya terasa halus dan tidak kering. Ketika skin barrier rusak, kulit bisa menjadi lebih sensitif, kering, iritasi, atau bahkan mengalami peradangan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab skin barrier rusak. Adapun penyebab skin barrier yang rusak antara lain:

1. Over-Exfoliation

Exfoliation adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati untuk mempercepat regenerasi kulit. Namun, jika dilakukan terlalu sering atau dengan produk yang terlalu abrasif, bisa merusak skin barrier.

BACA JUGA:Membuat Pupuk Kompos dari Pohon Pisang, Ini Manfaatnya

BACA JUGA:Mampu Tingkatkan Hasil Panen, Ini Keunggulan Pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE

Kulit menjadi kemerahan, iritasi, atau terasa terbakar. Kulit mungkin juga tampak lebih kering dan kasar. 

Oleh karena itu, Anda sebaiknya membatasi penggunaan produk eksfoliasi dan pilih produk dengan bahan yang lembut. Gunakan produk exfoliator tidak lebih dari 1-2 kali seminggu.

2. Penggunaan Produk Skincare yang Tidak Sesuai

Beberapa produk skincare mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit seperti alkohol, parfum, atau asam kuat (seperti asam salisilat atau retinoid).

Anda dapat memilih produk dengan label "hypoallergenic" dan "fragrance-free." Lakukan patch test sebelum menggunakan produk baru secara luas.

BACA JUGA:Tak Sepahit Rasanya! Ini Manfaat Pare yang Begitu Manis bagi Tubuh

BACA JUGA:Memakai Masker Madu Setiap Hari Bisa Atasi Jerawat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: