Kabupaten Mukomuko Terima Tambahan Insentif Dana Desa Rp4,3 Miliar Tahun 2024

Kabupaten Mukomuko Terima Tambahan Insentif Dana Desa Rp4,3 Miliar Tahun 2024

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPD)Kabupaten Mukomuko Wagimin, S. Sos.I.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima tambahan insentif Dana Desa Tahun 2024 sebesar Rp4,3 miliar dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan. tambahan insentif ini dialokasikan untuk 30 desa di wilayah tersebut, dengan setiap desa mendapatkan insentif sebesar Rp144.516.000.

"Tambahan insentif Dana Desa tahun ini diperuntukkan bagi 30 desa, masing-masing menerima sebesar Rp144.516.000," ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Wagimin, S.Sos.I, dikonfirmasi di Mukomuko, Rabu, (11/9/2024) 

Wagimin menjelaskan, penyaluran insentif ini didasarkan pada Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 352 Tahun 2024 tentang Rincian Insentif Desa Setiap Desa Tahun 2024. Desa-desa yang menerima insentif ini dipilih berdasarkan tata kelola keuangan desa yang efektif, efisien, dan bebas dari korupsi.

"Kriteria desa penerima insentif meliputi kinerja keuangan yang baik, tingkat kepatuhan terhadap aturan pengelolaan keuangan desa, serta penggunaan dana desa sesuai dengan prioritas yang ditentukan atau penghargaan yang diperoleh desa dari kementerian atau lembaga terkait," tambah Wagimin.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Gencarkan Gerakan Gemar Makan Ikan, Dukung Pencegahan Stunting dan Wujudkan Generasi Emas

Insentif ini diberikan kepada desa-desa dengan kinerja terbaik yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Sebanyak 30 desa yang menerima tambahan insentif tersebut antara lain Desa Lubuk Gedang, Desa Selagan Jaya, Desa Setia Budi, Desa Teruntung, Desa Karang Jaya, Desa Air Bikuk, Desa Pondok Kandang, Desa Bumi Mekar Jaya, Desa Air Buluh, Desa Tanjung Jaya, Desa Pasar Baru, Desa Pulau Makmur, Desa Air Rami, Desa Tirta Kencana, Desa Nelan Indah, Desa Mandi Angin Jaya, Desa Pernyah, Desa Sungai Ipuh, Desa Talang Buai, Desa Sungai Ipuh Satu, Desa Sungai Ipuh Dua, Desa Bumi Mulya, Desa Bukit Makmur, Desa Sumber Mulya, Desa Maju Makmur, Desa Mekar Mulya, Desa Marga Mukti, Desa Lubuk Sanai Tiga, Desa Resno, dan Desa Banjar Sari.

Selain itu, Wagimin juga menyampaikan bahwa sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko tahun ini menerima Dana Desa senilai Rp118 miliar melalui APBN, yang mengalami peningkatan sebesar Rp1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Dengan adanya tambahan insentif ini, diharapkan desa-desa di Mukomuko dapat terus meningkatkan tata kelola keuangan dan pengelolaan desa yang baik serta berkontribusi lebih besar bagi pembangunan daerah," tutup Wagimin. (end)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: