Pemkab Mukomuko Gencarkan Gerakan Gemar Makan Ikan, Dukung Pencegahan Stunting dan Wujudkan Generasi Emas

Pemkab Mukomuko Gencarkan Gerakan Gemar Makan Ikan, Dukung Pencegahan Stunting dan Wujudkan Generasi Emas

Pencegahan Stunting dan Wujudkan Generasi Emas-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus menggerakkan masyarakat, khususnya anak-anak, untuk gemar makan ikan sebagai upaya mencukupi asupan gizi dan mencegah stunting. Gerakan ini juga bertujuan mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, MSI, mengungkapkan bahwa gerakan gemar makan ikan ini tidak hanya sekadar kampanye, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran gizi pada anak-anak. 

"Kami bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, Ny. Nurliyana Habsjah, Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, dan pihak terkait lainnya, mendatangi sejumlah sekolah dasar di daerah ini untuk mengkampanyekan gemar makan ikan," kata Eddy.

Dalam kampanye tersebut, anak-anak diperkenalkan dengan berbagai macam masakan berbahan dasar ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Dorong Pengelolaan Wisata Lokal, Perkuat Kolaborasi Masyarakat dan Pemangku Kepentingan

"Alhamdulillah, anak-anak sangat antusias karena ikan disajikan dalam berbagai bentuk yang menarik. Kampanye ini kami laksanakan di beberapa sekolah dasar di Penarik, Teramang Jaya, dan Ipuh," jelas Eddy.

Eddy juga menekankan, bahwa ikan sebagai makanan pokok perlu disajikan dengan kreatifitas agar lebih menarik dan bernilai gizi tinggi. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat anak-anak dalam mengonsumsi ikan secara rutin. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk membudayakan konsumsi ikan setiap hari," tambahnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, Ny. Nurliyana Habsjah, turut menyampaikan pentingnya gerakan ini dalam mendukung upaya pencegahan dan penurunan stunting. 

"PKK Kabupaten Mukomuko akan terus menyemarakkan gerakan makan ikan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat. Kami juga mendorong ibu-ibu PKK untuk menyebarluaskan informasi tentang inovasi menu keluarga berbahan ikan," ujar Nurliyana.

BACA JUGA:Antisipasi Bencana, BPBD Mukomuko Bentuk Tim Reaksi Cepat Multi Sektor Tahun 2024

Ia menambahkan, "Mari bersama-sama kita dukung upaya peningkatan konsumsi ikan untuk mencegah stunting dan mengenalkan manfaat mengonsumsi ikan kepada anak-anak kita," tutupnya.

Gerakan gemar makan ikan yang digalakkan Pemkab Mukomuko ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas gizi anak-anak dan mendukung terwujudnya generasi emas yang sehat dan cerdas. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: