7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan -Pinterest: Air Traveler Club-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sudah tidak diragukan lagi jika cengkeh memberikan manfaat untuk tubuh. Rempah yang satu ini sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman, bahkan kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Cengkeh yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum ini bentuknya menyerupai kuncup bunga kering dan berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. 

Sejak berabad-abad lalu, cengkeh sudah dijadikan sebagai bumbu rempah dalam masakan, minyak aromaterapi, sekaligus obat herbal.

Selain itu, cengkeh kaya akan senyawa seperti eugenol, yang memiliki sifat antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan analgesik. 

BACA JUGA:Jangan Dulu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Udang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Kandungan nutrisi yang kaya, seperti vitamin, mineral, dan serat, menjadikan cengkeh sebagai salah satu rempah yang tidak hanya menambah rasa pada makanan, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan berikut diantaranya. 

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Senyawa eugenol pada cengkeh mempunyai sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri E. coli, sejenis bakteri penyebab keracunan makanan.

Selain itu, cengkeh juga dikatakan dapat mengurangi berbagai jenis bakteri di mulut penyebab radang gusi dan kerusakan gigi, sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat.

2. Mengontrol gula darah

Manfaat cengkeh selanjutnya bisa untuk penderita diabetes. Alasannya karena cengkeh dipercaya memiliki kemampuan meningkatkan produksi dan sensitivitas insulin, sehingga kadar gula darah penderita diabetes lebih terkontrol. 

BACA JUGA:Waspada Sesak Nafas, Inilah 5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asma

BACA JUGA:Kenali 5 Penyebab Gigi Hitam pada Anak, No. 5 Bisa Disebabkan Karena Trauma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: