Pemkot Bengkulu Rencanakan Bangun Posyandu di Setiap RT

Pemkot Bengkulu Rencanakan Bangun Posyandu di Setiap RT

Kegiatan Posyandu di Kota Bengkulu -(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu merencanakan untuk membangun posyandu di setiap rukun tetangga (RT) di wilayah tersebut guna mencegah berbagai penyakit sejak dini.

"Berdasarkan data beberapa penyakit yang mematikan itu sebenarnya bisa dicegah, dan kami rencananya membangun posyandu di setiap RT atau satu RT satu posyandu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani. 

Dengan adanya posyandu di setiap RT tersebut, masyarakat langsung mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, Pemkot Bengkulu juga terus berupaya meningkatkan pelayanan puskesmas dan posyandu di wilayah tersebut guna membantu masyarakat mencegah sejumlah penyakit.

BACA JUGA:Gangster Mulai Bermunculan, Polresta Imbau Masyarakat Agar Cepat Melapor

BACA JUGA:28.311 Warga Kota Bengkulu Sudah Tercover BPJS Gratis

"Rapat koordinasi ini sebagai langkah untuk mengaktifkan kembali posyandu yang sudah mati suri. Seperti namanya, puskesmas dan posyandu ini menjadi pusat kesehatan masyarakat, jadi perannya mencegah supaya masyarakat di sekitar tidak sakit," ujar dia.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi menerangkan bahwa saat ini pemerintah terus mendorong pelayanan puskesmas dan posyandu menjadi semakin baik, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

"Posyandu yang sekarang sudah berbeda dengan zaman dahulu, layanannya bukan hanya untuk ibu dan anak saja, tetapi bisa juga untuk masyarakat dari berbagai kalangan, sehingga yang sakitnya ringan bisa berobat di posyandu, tidak mesti ke puskesmas lagi," sebut dia.

Untuk itu, Pemkot Bengkulu menginventarisasi apa saja yang menjadi kebutuhan posyandu dan puskesmas di wilayah tersebut, seperti insentif para kader, sarana prasarana, dan kebutuhan lainnya guna menunjang kegiatan posyandu tersebut.

BACA JUGA:Cekcok Mulut, Seorang Mahasiswa di Bengkulu Ditikam Anak Punk di Taman Telkom

BACA JUGA:JPU Tuntut Hukuman Berbeda untuk 3 Terdakwa Kasus Pungli KIR PUT

Sementara itu, Dinkes Kota Bengkulu menyiapkan 20 puskesmas di wilayah tersebut untuk menjadi badan layanan umum daerah pusat kesehatan masyarakat (BLUD).

Joni menerangkan bahwa dengan dijadikan BLUD, puskesmas di wilayah tersebut dapat lebih leluasa dalam melakukan tindakan, termasuk pengelolaan anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: