Bukan Cilor! Ini Dia 6 Alternatif Camilan Sehat untuk Diet

Bukan Cilor! Ini Dia 6 Alternatif Camilan Sehat untuk Diet

Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Bahan dan cara masak cilor mirip seperti cimol, yakni terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan tepung aci, kemudian digoreng--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Bahan dan cara masak Cilor mirip seperti cimol, yakni terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan tepung aci, kemudian digoreng. Bedanya, Cilor digoreng lagi dengan menggunakan balutan telur.

Melalui proses tersebut, setidaknya ada 322 kalori Cilor per sajian 164 gram. Karena jumlahnya yang cukup banyak, ada baiknya untuk memerhatikan jumlah asupan dan kegiatan sebagai pembakar kalori yang ditumpuk.

BACA JUGA:Motor yang Ditemukan Warga di Perumahan BTN Sudah Diambil, Ini Identitas Pemiliknya

Kalori cilor
Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Bahan dan cara masak cilor mirip seperti cimol, yakni terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan tepung aci, kemudian digoreng. Bedanya, cilor digoreng lagi dengan menggunakan balutan telur. Per 100 gram porsi cimol mengandung rata-rata 222 kalori. Bila ditambah dengan telur (telur gulung) sebanyak 64 gram, maka total kalori cilor adalah 322. Sedangkan kandungan gizi pada cilor yakni terdapat:

- Lemak 11g
- Karbohidrat 51g
- Protein 3,5g
Kalori tersebut tentu dapat berubah-ubah sesuai dengan bumbu yang dicampurkan. Jadi, perhatikan selalu ya jumlah yang kamu makan!

Camilan lezat tapi kurang sehat
Ada baiknya untuk mengingat daftar makanan yang kurang sehat ini jika kamu berencana berbelanja.
Keripik yang dipanggang Keripik seringkali sangat rendah lemak sehingga kamu dapat mengonsumsi jumlah besar tanpa pernah merasa kenyang. Ini dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan lonjakan insulin, mempromosikan penyimpanan lemak.

BACA JUGA:Mahasiswa di Bengkulu Ngaku Jadi Korban Begal di Jalan Rinjani

1. Kue Beras
Kue beras memang rendah kalori. Tapi tahukah kamu kandungan di dalamnya? Kue beras sering kali dibumbui secara artifisial dan benar -benar hanya karbohidrat dengan sedikit atau tanpa nutrisi.

2. Pretzel
Cemilan berbentuk pita ini mengandung “nol” nutrisi dan menaikkan insulin dan gula darahmu dalam angka yang cukup fantastis. Ini, pada gilirannya, membuat kamu lebih lapar.

3. Keripik kentang
Keripik kentang tidak memiliki nilai gizi yang signifikan. Jadi hapir sama saja dengan kalori kosong. Cemilan ini juga tinggi lemak, dan rendah serat dan protein.

BACA JUGA:Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Artis Korea Tanpa Perawatan Mahal, dr Zaidul Akbar Sarankan Ini

4. Stik sayuran
Hampir semua makanan yang digoreng dengan minyak  kelapa akan kehilangan nutrisi dalam jumlah sedang, terlebih jika itu sayur yang sangat rentan pada suhu panas. Stik sayur kurang dalam serat dan protein, dan tidak memiliki nutrisi. Tapi mungkin sedikit lebih rendah lemak daripada keripik.

5. Smoothie yang dibeli di toko
Smoothie cepat saji, sering penuh sesak dengan tambahan gula dan kalori. Kamu dapat memperoleh 300-700 kalori ari “camilan” cepat ini, yang tidak akan membuatmu merasa kenyang seperti camilan yang bagus.

6. Granola/bar sereal
Waspadai bahan-bahan, dan baca label nutrisinya. Meski sering digaungkan sebagai makanan yang sehat, nyatanya mengonsumsi cemilan ini terus menerus sebagai pengganti makanan utama adalah pilihan yang salah besar. Jadi pastikan untuk mengimbanginya dengan makanan organik.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Sedekah dengan Uang Haram? Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

6 Alternatif camilan sehat untuk diet
camilan sehat bisa lezat dan mengasyikkan! Tambahkan sedikit kreativitas ke dalam campuran dan makanan ringanmu akan segera membantu kamu menurunkan berat badan.

1. Veggie “Chips”
Sayuran berdaun hijau yang dipanggang dan gelap seperti kangkung dan collard akan memuaskan hasratmu. Cukup potek batangnya, sobek sayuran menjadi berkeping-keping, dan sebarkan di atas nampan loyang.  Hujani sedikit dengan minyak zaitun extra virgin, tambahkan sedikit garam dan panggang pada 190ºC selama 8 hingga 9 menit. Wala, cemilan sehat siap menggodamu!

2. Smoothie
Smoothie adalah cara yang menyegarkan untuk memakan sayuran terutama jika kamu sedang dalam pelarian. Yang kamu butuhkan hanyalah blender, air dan es, dan sisanya terserah kamu. Cobalah mencampur campuran sayuran hijau (seperti bayam muda) ditambah buah-buahan beku (seperti blueberry atau stroberi), dan tambahkan sentuhan rasa (seperti jahe atau mint).

BACA JUGA:Sering Melihat Ini, Ternyata Tanda Ajal Sudah Sangat Dekat, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

3. Sup
Siapa bilang sup hanya makanan berat? Sup bisa menjadi camilan yang sangat memuaskan. Cukup tambahkan sayuran favoritmu, beberapa aromatik untuk rasa (seperti: bawang merah, bawang putih atau daun bawang) atau rempah-rempah segar, dan tutupi dengan stok rendah-sodium. Masak perlahan sampai sayuran empuk.

4. Es Mambo
Popsis yang terbuat dari buah beku, dicampur dengan jus buah 100 persen, adalah cara yang menyenangkan untuk ngemil sehat sambil tetap terhidrasi. Cukup isi cetakan es loli dengan smoothie favorit dan bekukan sampai diatur. Nikmati pada hari panas atau kapan saja kamu ingin memilih cepat.

BACA JUGA:Agar Dipermudah untuk Poligami, Amalkan Amalan dan Doa Berikut, Dijamin Hati Istri Pertama Luluh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: