Kenali Manfaat Alga Merah Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kenali Manfaat Alga Merah Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat alga merah untuk kesehatan -Pinterest -

Alga merah mengandung senyawa bioaktif seperti karotenoid, fikobilin, polisakarida dan asam lemak omega-3. Semua senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Misalnya, phycobilin yang ditemukan dalam ganggang merah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang produksi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi.

2. Anti inflamasi

Alga merah juga diketahui memiliki aktivitas anti inflamasi dan antioksidan. Dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Poin Dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

3. Menjaga Fungsi Tiroid

Rhodophyta seperti dulce kaya akan yodium, sehingga salah satu manfaatnya adalah menjaga fungsi tiroid. Karena yodium merupakan unsur yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon tiroid.

Dengan mengkonsumsinya tentunya dapat mencegah kekurangan hormon tiroid dalam tubuh.

BACA JUGA:Memperlambat Gerak dan Aktivitas Si Kecil ? Begini Cara Sederhana Untuk Mengatasi Pilek pada Bayi

BACA JUGA:Ketahui 7 Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu dan Bayi

4. Menurunkan kolesterol

Perlu diketahui bahwa rhodophyta juga mengandung asam amino non-protein yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah.

Tidak hanya itu, kolesterol lipoprotein densitas rendah plasma menurun sebesar 27,3% dan trigliserida plasma sebesar 2,4%.

Namun tentunya diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas alga merah dalam menurunkan kolesterol.

5. Dapat dijadikan menu diet

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari rhodophyta adalah dapat dijadikan menu diet. Karena rhodophyta seperti dulse merupakan makanan rendah kalori. Padahal, dalam porsi 1/4 cangkir, sayur laut ini hanya mengandung 38 kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: