Begini Cara Mengatasi Stres Kerja yang Efektif dan Patut Dicoba

Begini Cara Mengatasi Stres Kerja yang Efektif dan Patut Dicoba

Sebuah penelitian di Harvard menyatakan bahwa saat orang merasa stres kerja atau kelelahan, biasanya mereka akan merasa kesepian. --

BACA JUGA:6 Jenis Penyakit Lidah yang Perlu Kamu Tahu

Mencari tahu pemicu stres
Untuk dapat mengatasi burnout dengan tepat, kamu perlu mengetahui penyebab dari stres kerja terlebih dulu. Mengetahui pemicu stres dapat membantu kamu mengatasi stres kerja dengan menghindari pemicunya. Coba cari tahu orang, insiden, atau situasi yang memicu stres kamu.

Menulis jurnal
Jurnal telah terbukti efektif sebagai sarana mengendalikan emosi dengan baik. Menciptakan kebiasaan tertentu, seperti menulis jurnal memang membutuhkan waktu. Namun, hasilnya akan membantu kamu pulih dari stres kerja.

Mencari bantuan dari psikolog atau terapis
Selain menulis jurnal, cara mengatasi stres kerja selanjutnya adalah mencari bantuan psikolog. Tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari psikolog atau terapis. Terapi bisa mengurangi tingkat stres dan menangani kondisi kesehatan mental kamu.

BACA JUGA:Waspada! Inilah Berbagai Penyebab Kanker Mulut

Mencari dukungan dari orang lain
Mendiskusikan masalah yang kamu alami dengan orang lain juga bisa membantu kamu mengurangi stres. Hal ini juga akan memperkuat solidaritas dengan orang-orang di sekitar kamu. Jadi, jangan takut untuk meminta bantuan pada orang lain.

Melakukan olahraga
Cara lainnya untuk memulihkan diri dari stres kerja adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Misalnya, kamu bisa melakukan yoga. Menggerakkan tubuh dengan berolahraga bisa mengurangi ketegangan dan meningkatkan hormon endorfin.

Berbicara kepada atasan
Coba bersikap jujur tentang situasi yang kamu alami kepada atasan atau manajer. Hal ini bisa mengurangi beban kerja kamu. Jangan takut untuk berbicara kepada atasan untuk meminta perubahan sesuai dengan kebutuhan mental dan emosional kamu.

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Buka Seleksi CPNS Tahun 2024: Berikut Ketentuannya

Mencoba bekerja dengan seimbang
Salah satu penyebab stres kerja adalah pekerjaan yang tidak seimbang. Bekerja dengan seimbang dapat membantu kamu bebas dari stres. Luangkan waktu bersama dengan teman dan keluarga.

Melakukan hobi
Jika kamu ingin pulih dari kelelahan mental akibat stres kerja, cobalah untuk melakukan hobi. Melakukan hal-hal yang kamu sukai bisa membuat kamu bahagia. Hal ini juga bisa mengurangi stres.

Istirahat yang cukup
Cara mengatasi stres kerja berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak cukup tidur bisa mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Buatlah jadwal tidur yang sehat. Setiap hari, cobalah untuk tidur tujuh sampai sembilan jam.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Paha dan Betis yang Wajib Kamu Ketahui!

Tips menghindari stres kerja
Stres kerja bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Untuk menghindarinya, cobalah beberapa tips berikut ini.

- Mulailah hari dengan membayangkan dan melakukan hal-hal baik. Misalnya, dengan mendengarkan musik favorit atau menyusun rencana kerja.
- Jika kamu tidak paham dengan permintaan klien atau atasan, cobalah bertanya. Jika kamu paham dengan permintaan mereka, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan dapat menghindari stres.
- Hindari konflik dengan klien atau rekan kerja. Konflik bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.
- Gunakan waktu dalam bekerja dengan efisien. Usahakan untuk selalu tepat waktu.
- Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja bisa memicu stres.
- Jangan lakukan banyak hal secara bersamaan. Hal ini bisa membuat kamu tidak fokus dan hasil pekerjaannya bisa jadi kurang maksimal.
- Jangan terlalu perfeksionis. Terlalu perfeksionis bisa menjadi penyebab stres. Selain membuat diri sendiri kewalahan, hal ini bisa memicu stres orang-orang di sekitar kamu. Setiap orang bisa mengalami stres. Oleh karena itu, setiap orang perlu mempelajari cara mengatasi stres kerja. Jadi, segera ambil tindakan jika kamu mengalami stres kerja.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: