Kenali 7 Manfaat Daun Patikan Kebo, Obat Alami Ampuh Meningkatkan Gairah

Kenali 7 Manfaat Daun Patikan Kebo, Obat Alami Ampuh Meningkatkan Gairah

manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan -Pinterest : Crafting with Vectors-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin kamu masih asing mendengan daun patikan kebo. Tahukah kamu kalau ternyata daun patikan kebo yang selama ini dianggap sebagai gulma atau hama ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Mulai dari akar, batang, daun, hingga bunga dari tanaman patikan kebo, semua memiliki kandungan senyawa yang baik dalam mengatasi berbagai penyakit.

Dirangkum dari berbagai sumber daun patikan kebo (Euphorbia hirta) adalah tanaman liar yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Tanaman ini dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan karena kandungan senyawa aktif di dalamnya, seperti flavonoid, tanin, alkaloid, dan saponin. Berikut adalah beberapa manfaat utama daun patikan kebo:

BACA JUGA:Cara Membuang Racun yang Membuat Penyakit, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah 8 Manfaat Kuning Telur yang Sayang Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun patikan kebo memiliki sifat astringen yang membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sehingga sering digunakan untuk mengobati diare dan disentri.

Selain itu, kandungan tanin dan alkaloidnya membantu melindungi lapisan lambung dan mengurangi produksi asam lambung, sehingga bisa membantu meredakan gejala maag.

2. Meredakan Asma

Manfaat daun patikan kebo selanjutnya adalah membantu meredakan asma. Asma sendiri merupakan kondisi peradangan kronis pada saluran pernapasan (bronkus). Akibatnya, penderita asma mengalami gejala sesak napas, batuk, dan mengi.

Daun patikan kebo memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Hal ini membantu saluran bronkus yang menyempit menjadi relaks dan terasa lebih lega.

BACA JUGA:Mudah Jumpai, Ini Lah 6 Obat Herbal Ampuh Atasi Wasir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: