Biar Tahu! Ini Manfaat Potasium untuk Kesehatan Tubuh

Biar Tahu! Ini Manfaat Potasium untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi makanan kaya potasium setiap hari sangat penting untuk menjaga denyut jantung tetap stabil. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat potasium untuk kesehatan tubuh cukup beragam, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga mencegah terjadinya penyakit stroke. Dengan mengonsumsi makanan tinggi potasium atau suplemen potasium, kebutuhan potasium harian Anda dapat terpenuhi dengan baik.

potasium atau kalium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh. Mineral ini berfungsi sebagai elektrolit untuk menghantarkan impuls listrik ke seluruh tubuh. Impuls tersebut berperan dalam mengendalikan fungsi organ tubuh, termasuk kontraksi otot hingga keseimbangan cairan dalam tubuh. Agar dapat memperoleh manfaat potasium untuk kesehatan tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi potasium atau mengonsumsi suplemen potasium yang dijual di apotek sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Awet Muda secara Alami yang Mudah dan Murah

Sederet Manfaat Potasium untuk Kesehatan
Berikut adalah beberapa Manfaat Potasium atau kalium bagi kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Mengonsumsi suplemen potasium dapat bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi makanan kaya potasium setiap hari sangat penting untuk menjaga denyut jantung tetap stabil. Keadaan hipokalemia, di mana penderita kekurangan kandungan kalium di dalam tubuhnya, diduga berperan atas terjadinya kematian akibat aritmia. Selain itu, makanan berpotasium dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung koroner.

BACA JUGA:9 Manfaat Sarang Burung Walet yang Perlu Diketahui

3. Menurunkan risiko stroke
Manfaat potasium lainnya adalah menurunkan risiko terkena stroke hingga 20%. Hal ini dikarenakan potasium mampu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu pemicu stroke.

4. Menjaga kesehatan tulang
Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya akan potasium dapat mencegah osteoporosis, khususnya di kalangan wanita lanjut usia. Kalium dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi pembuangan kalsium melalui urine. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung pernyataan tersebut.

5. Menurunkan risiko diabetes
Menurut penelitian, kurangnya asupan potasium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Meski demikian, bukti dan studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung pernyataan tersebut.

BACA JUGA:Ini Penyebab Berat Badan Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

6. Mengoptimalkan fungsi ginjal
Mengonsumsi makanan tinggi potasium juga dapat mengoptimalkan fungsi ginjal dan mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Pasalnya, potasium berperan untuk menurunkan kadar kalsium dalam urine. Dengan begitu, penyakit batu ginjal dapat dicegah.

7. Menunjang kinerja sistem saraf tubuh
Manfaat potasium untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah menunjang kinerja sistem saraf tubuh. Hal ini karena potasium berperan sebagai impuls untuk membantu sistem saraf tubuh bekerja dengan baik saat distimulasi. Terpenuhinya kebutuhan tubuh akan potasium akan memudahkan otak sebagai bagian dari sistem saraf tubuh untuk saling terhubung dengan sel tubuh lainnya.

8. Mendukung kontraksi otot
Selain menunjang kinerja sistem saraf tubuh, manfaat potasium lainnya yang tidak kalah menarik adalah mendukung kontraksi otot. Pasalnya, potasium memiliki peran penting dalam impuls listrik yang memungkinkan otot berkontraksi dengan baik.  Oleh karena itu, bila Anda kekurangan potasium dalam tubuh, risiko mengalami kelemahan hingga kram otot bisa meningkat.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Ini Jenis Vitamin Penambah Berat Badan Anak

Sumber Makanan yang Mengandung Potasium
Untuk mendapatkan berbagai manfaat potasium di atas, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan potasium dengan mengonsumsi aprikot, kismis, kentang, kacang merah, jeruk, kacang kedelai, pisang, susu, bayam, dada ayam, yoghurt, daging sapi, tomat, brokoli, apel, biwa (loquat), kacang mede, teh hitam, dan telur.

Meski begitu, Anda juga perlu mengontrol kadar potasium yang dikonsumsi guna menghindari masalah kesehatan yang dapat terjadi pada tubuh. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan asupan potasium setidaknya 4.700–5.300 miligram per hari.

Mengonsumsi potasium secara berlebihan, dapat memicu terjadinya denyut jantung tidak normal, gangguan fungsi ginjal, dan infeksi berat. Sementara, kekurangan potasium akan menyebabkan otot melemah, tekanan darah naik, muntah, diare, hingga gangguan ginjal.

BACA JUGA:Buka Lahan di Kawasan Hutan Konservasi, Seorang warga Mukomuko Ditangkap Polisi

Potasium memang penting untuk tubuh, tetapi jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi lainnya agar tetap seimbang dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi tubuh. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gizi mengenai manfaat potasium dan cara mendapatkannya secara optimal.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: