Sayang Dilewatkan! Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan Tubuh

Sayang Dilewatkan! Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan Tubuh

Selain daging buahnya, biji durian juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah gejala penyakit celiac.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat durian didapatkan berkat kandungan karbohidrat, serat, serta berbagai mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Berkat nutrisinya ini, buah durian dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengontrol tekanan darah hingga mencegah kanker.

durian (Durio zibethinus L.) merupakan salah satu jenis buah eksotis yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah berduri ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat durian tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi dagingnya langsung maupun diolah menjadi minuman atau makanan, seperti jus, es krim, puding, atau kue.

BACA JUGA:Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Kandungan Nutrisi Durian
Manfaat durian tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 100 gram durian terkandung sekitar 134 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

    28 gr karbohidrat
    2,5 gr protein
    3,5 gr serat
    7 mg kalsium
    44 mg fosfor
    1 mg natrium
    601 mg kalium
    53 mg vitamin C

Tidak hanya itu, buah ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B1, vitamin B2, serta antioksidan, seperti caffeic acid, quercetin, glutathione, dan karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  

BACA JUGA:Biar Tahu! Penyebab Berbahaya di Balik Nafsu Makan Berkurang

Manfaat Durian bagi Kesehatan  
Dengan banyaknya nutrisi yang ada di dalam durian, tidak heran bila durian memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat durian yang sayang dilewatkan:

1. Menambah energi
Kandungan karbohidrat di dalam durian dapat menjadi sumber energi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.  Ketika mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, termasuk durian, tubuh akan mencerna dan mengubahnya menjadi glukosa. Kemudian, dengan bantuan insulin, glukosa akan diserap oleh sel-sel tubuh untuk dijadikan energi.

2. Melancarkan pencernaan
Konsumsi durian bisa membantu melancarkan pencernaan. Manfaat durian yang satu ini berkat kandungan serat yang dapat mendukung pergerakan usus dan membuat tinja menjadi lebih lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Tak hanya itu, kandungan serat dalam durian juga memiliki efek prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Dengan begitu, kesehatan usus akan selalu terjaga.

BACA JUGA:Membuat Kulit Putih Berseri dengan Masker dari Bahan Alami

3. Memperkuat imunitas tubuh
Berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, durian bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk meningkatkan sistem imun. Vitamin ini berperan dalam meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

4. Mengontrol tekanan darah
Manfaat durian selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Buah ini mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah dengan cara membuang natrium berlebih di dalam tubuh. Selain itu, kalium dalam durian juga dapat merelaksasikan dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun lebih terkontrol.

5. Mencegah kanker
Mengonsumsi durian juga diketahui dapat mencegah terkena penyakit kanker. Manfaat durian ini didapatkan berkat kandungan antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker, terutama kanker payudara.

BACA JUGA:Aksi Pencurian Uang di Dalam Kotak Amal, Terekam Kamera CCTV

6. Mengatasi rasa lelah
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, durian mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Nah, mengonsumsi durian akan membantu mengatasi rasa lelah, baik setelah melakukan aktivitas atau menderita kondisi medis tertentu yang membuat tubuh memerlukan lebih banyak energi lebih. Selain beberapa jenis manfaat durian di atas, durian juga diyakini dapat memberikan manfaat berikut ini:

    Meningkatkan gairah seksual
    Meredakan demam
    Meredakan gejala penyakit liver
    Meringankan gejala malaria
    Mempercepat penyembuhan luka

Selain daging buahnya, biji durian juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah gejala penyakit celiac. Meski begitu, penelitian klinis untuk memastikan manfaat durian tersebut masih sangat minim dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Tindaklanjuti Temuan BPK Secara Berkala

Bijak Mengonsumsi Buah Durian
Meskipun manfaat durian ada banyak, Anda sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsinya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, durian bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, seperti mual, muntah, dan bahkan diare.

Bagi penderita diabetes, sebaiknya hindari mengonsumsi durian karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi. Ibu menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Selain itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian bersamaan dengan alkohol. Buah durian mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Konsumsi keduanya bersamaan juga dapat menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar.

BACA JUGA:Perlu Diwaspadai! Ini Dia 6 Bahaya Tantrum pada Orang Dewasa

Bagi Anda pecinta durian, sebaiknya perhatikan jumlah konsumsinya agar manfaat durian tetap bisa didapatkan. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter terkait dengan nutrisi dan jumlah yang aman dalam mengonsumsi buah durian, terlebih jika Anda memiliki penyakit tertentu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: