Orang Tua Sebaiknya Tak Selalu Mengikuti Kemauan Anak, Ustaz Khalid Basalamah Sarankan Ini

Orang Tua Sebaiknya Tak Selalu Mengikuti Kemauan Anak, Ustaz Khalid Basalamah Sarankan Ini

Pesan Ustaz Khalid Basalamah untuk tidak mengikuti semua kemauan anak-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Ustaz Khalid Basalamah berpendapat bahwa menyiapkan kebutuhan anak adalah bentuk bakti orang tua terhadap anak dan sebaliknya.

 

"Kenapa harus tanya anak mau pakai baju apa, mau minum apa, mau makan apa. Biarkan Anda yang pilih buat dia dan biasakan anak-anak seperti itu supaya dia terbiasa bakti," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah kemudian menjelaskan dampak yang timbul ketika anak diberikan pilihan tetapi orang tua tidak dapat memenuhi pilihan tersebut.

"Kalau misal contoh seorang ibu bilang sama anaknya ‘Nak pengin makan apa? nanti Ibu masakkan’, niatnya baik, tapi perhatikan apa efeknya kalau misalkan si anak mengatakan ‘Saya ingin ayam goreng’, lalu ibunya mengatakan ‘Baiklah nanti besok Ibu masak’," jelas Ustaz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Bisakah Uang Haram, Hasil Judi atau Riba Dibersihkan, Berikut Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

BACA JUGA:4 Hal yang Membuat Rumah Kita Tak Disukai Malaikat, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah Berikut

"Ternyata besok ini ibu lupa masak. Dia pas datang ke meja makan, buka tudung saji tidak temukan ada makanan tersebut. Kira-kira apa yang akan dia katakan? ‘Ah ibu’, anda sudah terlanjur janji, kalimat ‘Ah’ ini bahaya," lanjut Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah menyarankan agar orang tua memilihkan hal-hal yang baik untuk anak mereka.

Dengan cara ini, orang tua dapat mengajarkan anak untuk bersyukur atas apa yang mereka miliki.

"Lalu bagaimana caranya? Anda pilihkan saja sekarang, masak yang terbaik di rumah kemudian hidangkan makan lalu bilang ‘Nak ini rezeki kita hari ini baca bismillah, makan dengan tangan kanan, syukuri Nak’," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

Memberikan anak terlalu banyak pilihan dan membiarkannya membuat keputusan sendiri saat masih kecil dapat berisiko membuat anak mengikuti hawa nafsunya.

Anak-anak pada usia tersebut belum memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan baik dan buruknya suatu pilihan dengan matang.

"Biasakan mereka dengan itu, sehingga mereka terbiasa makan apa yang ada, apa yang orang tuanya sudah siapkan," ungkap Ustaz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Utama, Kurban Sapi Tapi Patungan Atau 1 Kambing, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: