Suka Minuman Manis? Simak 7 Bahaya Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis bagi Kesehatan

Suka Minuman Manis? Simak 7 Bahaya Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis bagi Kesehatan

Minuman manis menjadi salah satu jadian favorit sebagaian orang.-Pinterest -

3. Penyakit asam urat

Mengonsumsi minuman manis berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Hal ini karena minum minuman tinggi gula secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Normalnya, asam urat akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine atau feses. Jika berlebih, asam urat akan menempel dan membentuk kristal di sendi dan menimbulkan peradangan.  

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Minyak Sereh bagi Kesehatan

4. Diabetes

Sering mengonsumsi minuman tinggi gula juga dapat menyebabkan diabetes. Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana kadar gula darah tinggi akibat sel-sel tubuh tidak lagi peka terhadap insulin (resistensi insulin), sehingga tubuh kesulitan mengubah gula menjadi energi. 

Sering minum minuman manis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini karena kebiasaan konsumsi minuman manis memicu obesitas atau kelebihan berat badan. 

Pada kondisi ini, terjadi penumpukan lemak di perut serta trigliserida di hati dan otot. Hal ini bisa memicu resistensi insulin.

3. Penyakit jantung

Sering minum minuman tinggi gula juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dalam jangka panjang. Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang terbit pada Journal of The American Heart Association.

BACA JUGA:Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Dalam studi tersebut, orang yang minum minuman tinggi gula lebih dari 1 porsi per hari lebih berisiko mengalami penyakit jantung.

Konsumsi berlebihan minuman tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan kadar trigliserida dalam darah. Akibatnya, plak di pembuluh darah bisa terbentuk sehingga menyumbat aliran darah di arteri.

6. Penyakit liver

Kebiasaan minum minuman manis juga dapat meningkatkan risiko penyakit liver atau gangguan pada organ hati. Studi dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan sering minum minuman manis dapat meningkatkan kadar lemak dalam hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: