Orang Tua Harus Tahu, Ini Dia Penyebab Anak Terlambat Bicara

Orang Tua Harus Tahu, Ini Dia Penyebab Anak Terlambat Bicara

Anak Terlambat Bicara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu masalah perkembangan anak yang bisa terjadi adalah anak terlambat bicara atau speech delay. Tentu hal ini akan akan menjadi kekhawatiran para orang tua. 

Gangguan ini sering disebut dengan speech delay pada anak. Seperti namanya, anak terlambat bicara pada usia yang seharusnya sudah mampu mengucapkan kata-kata.

Gangguan bicara pada anak ini tidak hanya disebabkan oleh faktor perkembangan anak, namun juga bisa dipicu akibat gangguan sensori, neurologis, kepribadian, serta ketidakseimbangan perkembangan internal maupun eksternal anak.

Speech delay sendiri, dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu fungsional dan non-fungsional. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

BACA JUGA:Ini Dia Metode Perangsang Wanita yang Wajib Diketahui Pria

  • Gangguan Speech Delay Fungsional

Jenis gangguan speech delay fungsional masih tergolong ringan. Penyebabnya adalah kurang stimulasi saat otak anak sedang dalam perkembangan atau pola asuh yang salah.

  • Gangguan Speech Delay Non-Fungsional 

Sementara itu, gangguan speech delay non-fungsional merupakan efek samping dari gangguan bahasa reseptif yang dialami anak, seperti autism atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Nah, setelah mengetahui jenis keterlambatan berbicara pada anak, lantas apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi. Penyebab anak terlambat bicara bisa macam-macam. 

Mulai dari kegagalan perkembangan bicara dan bahasa, hingga ketidakmampuan bicara anak sama sekali. Simak uraian berikut:

BACA JUGA:Buat Suami! Ini Dia Bagian Sensitif Wanita yang Perlu Diketahui

1. Gangguan perkembangan bicara dan bahasa

Gangguan perkembangan bicara dan bahasa adalah alasan umum untuk permasalahan keterlambatan bicara pada anak-anak. Gangguan belajar ini disebabkan oleh otak yang bekerja secara berbeda.

Anak mungkin kesulitan menghasilkan suara ucapan, menggunakan bahasa lisan untuk berkomunikasi, atau memahami apa yang orang lain katakan. Masalah bicara dan bahasa seringkali merupakan tanda awal dari ketidakmampuan belajar.

2. Kehilangan pendengaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: