6 Makanan Ini Memiliki Sumber Kolagen Terbesar untuk Menjaga Kesehatan Kulit

6 Makanan Ini Memiliki Sumber Kolagen Terbesar untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia dan memiliki peran penting dalam menjaga kekuatan dan elastisitas kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat lainnya. -Adv-

Sementara dalam kuning telur terdapat kandungan protein dan kolin yang dapat diubah tubuh menjadi glisin. Glisin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, termasuk memproduksi kolagen.

3. Ikan

Ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu kolagen yang mudah diserap. Tapi, perlu diingat bahwa daging ikan mengandung lebih sedikit kolagen daripada yang ada di tulangnya. 

BACA JUGA:Inilah Kegunaan Rambut Palsu dan Tips Cara Merawatnya

Untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi ikan beserta kulitnya. Alasannya, ikan mengandung prolin dan kulitnya mengandung glisin. Kedua kandungan tersebut diperlukan untuk menghasilkan kolagen.

4. Kaldu tulang

Selain ikan, kaldu tulang merupakan sumber makanan yang kaya akan kolagen. Merebus tulang dan jaringan ikat hewan selama berjam-jam bisa memecah kolagen.

Tapi perlu diingat, cara membuat kaldu bisa memengaruhi jumlah kolagen yang masuk ke tubuh.

5. Ubur-ubur

Tidak banyak yang mengetahui jika ubur-ubur memiliki jumlah kolagen yang besar. Ubur-ubur juga bisa menjadi sumber alami kolagen yang dianggap membantu proses penyembuhan luka.

BACA JUGA:Ini Dia Karakter Anak Tunggal dan Tips Mendukung Tumbuh Kembangnya

Sebuah penelitian yang mengamati tiga jenis ubur-ubur menemukan bahwa sekitar setengah kandungan proteinnya berasal dari kolagen.

Selain itu, ubur-ubur juga rendah lemak dan mengandung beragam mikronutrien yang menjadikannya padat nutrisi.

6. Kacang polong

Kacang polong mengandung kolagen yang dapat menjaga kesehatan kulit. Kacang polong dapat dijadikan sebagai sumber makanan yang mengandung kolagen, terutama bagi yang menjalani pola makan vegetarian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: