Pemprov Bengkulu Desain Festival DDTS, Ini Kata Gubernur Rohidin

Pemprov Bengkulu Desain Festival DDTS, Ini Kata Gubernur Rohidin

Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. H Rohidin Mersyah MMA mengatakan akan mendorong festival tingkat di kabupaten/kota Provinsi Bengkulu untuk naik tingkat menjadi event festival tingkat Provinsi Bengkulu.-Adv-

BENGKULUEKSPRESS.COMGubernur Bengkulu, Prof. Dr. H Rohidin Mersyah MMA mengatakan akan mendorong festival tingkat di kabupaten/kota Provinsi Bengkulu untuk naik tingkat menjadi event festival tingkat Provinsi Bengkulu.

Sehingga, dengan naik tingkatnya event festival di kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, maka festival tersebut berpeluang masuk kedalam Kharisma Event Nasional (KEN).

Adapun festival yang Rohidin Mersyah maksud, salah satunya seperti Festival Gurita di Kabupaten Kaur serta Festival Danau Nibung di Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:Pansus LKPD Mukomuko Kritik OPD yang Gagal Laksanakan Pokir Dewan 2023

“Harapan saya ke depan dengan naik kelasnya ke level Provinsi Bengkulu, maka pada akhirnya festival tersebut dapat masuk dalam KEN yang diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,” ungkap Rohidin Mersyah usai membuka Festival Tabut 2024 Sabtu 6 Juli 2024. 

Rohidin Mersyah juga mengaku, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan Badan Masyarakat Adat (BMA) Provinsi Bengkulu tengah merancang terbentuknya festival Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

Rancangan festival DDTS tersebut akan memadukan keindahan alam DDTS, yang dirangkum dalam dengan keragaman budaya Lembak.

BACA JUGA:Kemendikbudristek Siapkan Anggaran untuk Wujudukan Wajib Belajar 12 Tahun

Rancangan festival DDTS tersebut, juga masih direncanakan dan ditargetkan dapat terselenggara pada 2025 mendatang.

“Kami (Pemprov, red) bersama BMA Bengkulu dan pelaku seni Bengkulu kita sedang mendesaign festival DDTS dan dapat terlaksana pada tahun depan (2025, red),” terang Rohidin Mersyah.

Lebih jauh, Rohidin Mersyah mengungkapkan, bahwa rancangan tersebut harus juga turut didukung masyarakat Provinsi Bengkulu itu sendiri.

“Seluruh rangkain festival harus turut didukung oleh seluruh masyarakat Bengkulu itu sendiri,” ujar Rohidin Mersyah.

BACA JUGA:Dinkes Bengkulu Minta Warga Terapkan 3M Antisipasi Kasus DBD

Sedikit mengulas, pada saat membuka festival Tabut 2024, Rohidin Mersyah juga mengajak masyarakat Provinsi Bengkulu untuk memeriahkan festival Tabut 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: