Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

kulit buah melinjo juga memliki beragam manfaat untuk kesehatan-Pinterest -

Flavonoid di dalam kulit melinjo terbukti bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan. Antioksidan juga bisa membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga aliran darah tetap lancar. 

Kulit melinjo juga kaya akan serat dan kalium. Serat pada kulit melinjo berperan penting untuk mengurangi kolesterol jahat yang dapat menyebabkan plak di pembuluh darah jantung, sedangkan kalium berperan penting untuk mengontrol tekanan darah. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

Berkat manfaatnya ini, kulit melinjo baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

8. Membantu melindungi otot

Kulit melinjo merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dalam kulit melinjo ini menawarkan khasiat berupa melindungi kesehatan otot. 

Protein merupakan zat gizi yang penting dalam koordinasi dan kontraksi otot. Bentuk protein berupa mikrofilamen dapat dijumpai pada jaringan otot yang memberikan struktur pada otot.

Tidak hanya itu, pertumbuhan otot juga tergantung pada jumlah protein dalam tubuh. Menjaga asupan protein juga membantu mencegah kehilangan massa otot ketika Anda menjalani program menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Cara Mengatasi Sensasi Pahit di Lidah Saat Asam Lambung Muncul

9. Menjaga kesehatan mata

Dalam 100 gram kulit melinjo mengandung lebih dari 1000 mikrogram beta karoten. Di dalam tubuh, nutrisi ini akan diubah menjadi vitamin A.

Mengonsumsi sumber beta karoten bisa meningkatkan kesehatan mata dan melindungi indra penglihatan dari gangguan, seperti degenerasi makula. 

10. Membuat kulit lebih sehat

Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah, sayur, dan kulit melinjo, bisa membuat kulit lebih sehat, mencegah terjadinya penuaan di kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. 

Selain itu, kandungan seng (zinc) dalam kulit melinjo membantu meningkatkan sel darah putih. Jumlah sel darah putih yang meningkat dapat mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Hal ini ternyata membuat kulit melinjo baik untuk mengatasi jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: