Terkenal Karena Terbuat dari Scoby, Simak Manfaat Konsumsi Teh Kombucha untuk Tubuh

Terkenal Karena Terbuat dari Scoby, Simak Manfaat Konsumsi Teh Kombucha untuk Tubuh

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari campuran dari ragi, gula, dan teh hitam.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada beragam jenis teh yang dapat dijadikan sebagai alternatif utuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah teh kombucha. 

Mungkin sebagian orang masih asing dengan teh kombucha, teh yang satu ini merupakan salah satu minuman yang populer beberapa waktu terakhir. 

Tahukah kamu teh kombucha adalah minuman yang telah ada selama hampir 2.000 tahun. Minuman sehat ini berasal dari Tiongkok, yang mulai menyebar ke Jepang hingga Rusia, termasuk indonesia.

Minuman ini sangat populer karena masyarakat mengenalnya sebagai minuman untuk menjaga kesehatan dan energi, bahkan baik untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan atau menjaga berat badan.

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Minuman ini bisa kamu buat dengan banyak varian rasa. Bahkan, kalau punya waktu, kamu bisa mencoba membuat minuman ini sendiri di rumah. 

Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari campuran dari ragi, gula, dan teh hitam. Untuk bisa terfermentasi dengan baik, kamu perlu mendiamkan campuran tersebut selama seminggu atau lebih.

Selama waktu tersebut, bakteri dan asam terbentuk dalam minuman, juga sedikit alkohol. Proses ini populer dengan sebutan fermentasi, mirip dengan bagaimana mengubah susu menjadi yoghurt.

Teh kombucha terkenal dengan bakteri dan asam yang membentuk lapisan pada bagian atas cairan bernama SCOBY (koloni simbiosis bakteri dan ragi). Kamu bisa memakai SCOBY untuk memfermentasi lebih banyak kombucha.

BACA JUGA:Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Bakteri kombucha termasuk bakteri asam laktat yang dapat berfungsi sebagai probiotik. Selain itu, minuman ini juga mengandung vitamin B dalam dosis yang sehat.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi minuman sehat ini, berikut diantaranya: 

1. Membantu Metabolisme Tubuh 

Teh kombucha mengandung senyawa bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Adanya kandungan senyawa ini lantas menjadikan minuman ini juga dianggap efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: