Terkenal Kelezatannya! Ini Dia Ragam Makanan Khas Daerah Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Terkenal Kelezatannya! Ini Dia Ragam Makanan Khas Daerah Indonesia, Sudah Pernah Coba?

Ada beragam makanan khas daerah dari setiap provinsi di Indonesia yang menggugah selera.--

BACA JUGA:Lelang Jabatan Kadinkes Kota Bengkulu Mengerucut Jadi Tiga Besar, Ini Nama yang Lolos

Soto Banjar
Soto Banjar adalah salah satu kuliner khas daerah Kalimantan Selatan yang populer. Soto ini memiliki ciri khas kuah yang bening dan gurih, serta isian yang melimpah. Soto Banjar biasanya disajikan dengan nasi, bihun, telur rebus, perkedel kentang, dan taburan daun bawang, bawang goreng, dan sambal.

Sate Payau
Jika sate daerah lain umumnya terbuat dari daging ayam atau sapi, sate payau khas Kalimantan Timur terbuat dari daging rusa bagian paha dan iga. Sate payau biasanya disajikan dengan bumbu kecap manis yang dipadukan dengan potongan cabai merah keriting.

Chai Kwe
Chai kwe atau yang juga dikenal dengan nama choi pan adalah makanan khas daerah Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan hasil akulturasi budaya lokal dan masyarakat Tionghoa ini berbentuk seperti pastel dengan isian sayuran, seperti kucai, daun bawang, kacang, rebung, talas, dan bengkoang.

Nasi Subut
Nasi subut adalah makanan khas daerah Kalimantan Utara yang terbuat dari campuran beras, ubi ungu, dan jagung. Nasi subut biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau sambal terasi. Warna ungunya yang mencolok menjadikannya unik dan menarik.

BACA JUGA:Ops Patuh Nala Segera Dimulai, Ditlantas Polda Bengkulu Ingatkan Ini ke Pengendara

Makanan Khas Daerah Pulau Sulawesi
Makanan khas Sulawesi terkenal dengan cita rasanya yang unik dan menggugah selera. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Coto Makassar
Coto Makassar adalah salah satu makanan khas daerah Sulawesi Selatan yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan nikmat. Makanan ini berupa sup daging sapi atau jeroan yang direbus dengan beragam rempah-rempah.

Bubur Manado
Bubur Manado, atau yang lebih dikenal dengan nama tinutuan, merupakan salah satu kuliner khas Sulawesi Utara yang sangat populer. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan campuran berbagai macam sayuran, seperti labu kuning, jagung manis, ubi jalar, kangkung, dan daun kemangi.

Panada
Jika dilihat sekilas, makanan khas daerah Manado ini berbentuk mirip pastel. Namun, panada memiliki kulit yang lebih tebal dan empuk seperti roti. Isian panada biasanya berupa ikan tongkol, ayam, atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas Manado.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Langkah Mujarab Mengatasi Bronkitis Kronis

Makanan Khas Daerah Pulau Papua
Makanan khas Papua umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam Papua, seperti sagu, ikan, dan hasil hutan. Berikut ini makanan yang harus dicoba:

Udang Selingkuh
Salah satu makanan khas daerah Papua yang unik dan sulit Anda temukan di daerah lain adalah udang selingkuh. Jenis udang yang digunakan memiliki bentuk tubuh menyerupai udang, namun memiliki capit seperti kepiting. Udang selingkuh biasanya diolah dengan cara dibakar, direbus, atau digoreng.

Papeda
Papeda adalah makanan khas daerah Maluku dan Papua yang terbuat dari tepung sagu. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lengket seperti lem, dengan rasa yang tawar. Papeda biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau bubara yang dibumbui dengan kunyit.

Itu dia beragam makanan khas daerah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan mencicipi makanan khas daerah, Anda akan lebih mengenal kekayaan budaya dan tradisi suatu daerah.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: