Bau Tapi Menyehatkan, Inilah 5 Manfaat Natto untuk Kesehatan

Bau Tapi Menyehatkan, Inilah 5 Manfaat Natto untuk Kesehatan

Manfaat natto untuk kesehatan -Pinterest -

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat natto selanjutnya yang sayang dilewatkan yaitu membantu melancarkan pencernaan karena kaya akan probiotik. Bakteri hasil fermentasinya yakni Bacillus subtilis. 

Bakteri Bacillus yang terkandung pada natto memiliki manfaat probiotik untuk usus manusia. Artinya, ada kemungkinan bakteri pada natto ini bisa melancarkan pencernaan. 

Selain itu, beberapa ahli berpendapat konsumsi makanan fermentasi bisa bantu mengatasi sembelit.

Meski begitu, peneliti membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk memahami khasiat dari makanan Jepang ini terhadap saluran pencernaan. 

BACA JUGA:Ingin Berat Badan Turun Drastis Secara Alami, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Melakukan Ini

3. Memperkuat kesehatan tulang

Natto dipercaya dapat memperkuat kesehatan tulang berkat kandungan jenis vitamin K2 di dalamnya. 

Sebuah studi yang dipublikasikan di Osteoporosis International meneliti dampak asupan natto terhadap kesehatan tulang pria lansia di Jepang. 

Setelah menganalisis lebih dari 1.600 peserta, peneliti melihat bahwa peserta yang mengonsumsi lebih banyak natto mengalami peningkatan kesehatan tulang. Mereka percaya bahwa manfaat natto ini dihasilkan dari kandungan vitamin K di dalamnya. 

4. Membantu mengendalikan tekanan darah

Enzim nattokinase pada natto memberi manfaat yang baik untuk jantung, terutama karena sifat antihipertensinya. Sebuah penelitian dari Integrated Blood Pressure Control di Amerika Utara memperlihatkan temuan ini. 

BACA JUGA:Mudah Dijumpai, Inilah 6 Lulur Dengan Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian yang melibatkan 79 penyandang tekanan darah tinggi ini melaporkan konsumsi nattokinase berkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pria dan wanita.

Hasil itu berhubungan dengan potensi penurunan risiko penyakit stroke. Tak heran bila hasil fermentasi kacang ini dapat mengendalikan tekanan darah sehingga menyehatkan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: