Simak 5 Cara Mencegah Keloid Agar Tidak Tumbuh pada Bekas Luka

Simak 5 Cara Mencegah Keloid Agar Tidak Tumbuh pada Bekas Luka

Cara mencegah keloid muncul pada bekas luka -Pinterest -

Sinar ultraviolet dari matahari bisa membuat luka menjadi lebih gelap dan memperlambat penyembuhannya. Untuk melindungi kulit, tutupi dengan perban dan pakaian yang bisa melindungi dari sinar matahari. 

Begitu lukanya sembuh, Anda bisa mengoleskan tabir surya dengan SPF minimal 30, tapi tetaplah kenakan pakaian pelindung sinar matahari.

4. Gunakan lembaran atau gel silikon segera setelah luka berkeropeng

Produk silikon dalam bentuk lembaran atau gel bisa membantu mencegah terbentuknya keloid dan bisa mengurangi ukuran bekas luka yang ada. Anda bisanya perlu memakai produk silikon ini selama kira-kira 6 bulan setelah luka Anda berkeropeng.

BACA JUGA:Begini 5 Cara Pakai Lip Scrub yang Tepat agar Bibir Tetap Sehat dan Lembab

5. Perhatikan area tindikan yang baru

Luka tindik adalah salah satu penyebab umum keloid. Jika Anda melihat kulit di sekitar tindik telinga baru Anda mulai menebal, segera lepas antingnya. Anda bisa memakai jenis anting yang tidak butuh tindikan, yaitu yang cukup ditekan untuk dipakai (pressure earing).

Orang yang lukanya cenderung menjadi keloid yang perlu merawat jerawat mereka dengan benar, untuk mengurangi risiko terbentuknya bekas luka pada jerawat.

Itulah cara mencegah keloid agar tidak tumbuh pada bekas luka. Dengan melakukan sejumlah cara yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas Anda dapat mencegah munculnya keloid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: