Jumlah Warga Kota Bengkulu Penerima Bansos Menurun

Jumlah Warga Kota Bengkulu Penerima Bansos Menurun

Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Sahat Marulitua Situmorang.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hingga bulan Mei 2024 berdasarkan data Dinas Sosial Kota Bengkulu, warga kota yang terinput dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS individu mengalami penurunan. 

Disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Sahat Marulitua Situmorang, warga Bengkulu yang masuk DTKS berjumlah 151.390 orang dan berkurang sebanyak 424 orang dari total sebelumnya berjumlah 151.814 orang.

Hal ini juga mempengaruhi dengan jumlah kartu keluarga yang turut mengalami penurunan semulah 58.225 menjadi 58.178.

"Ditemukan keluarga-keluarga yang mampu keluarga-keluarga yang tidak kategori miskin ikut menerima bantuan sosial. Kita dorong supaya warga yang kurang mampu yang kita masukkan untuk data DTKS dan kita dorong untuk mendapatkan bantuan sosial. Sehingga meringankan beban dari keluarga-keluarga miskin," jelas Sahat. 

BACA JUGA:Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi Tandatangani Berita Acara Dana Hibah Pilkada 2024

Selain itu untuk data terpadu Kesejahteraan Sosial ini bersifat dinamis dimana disetiap bulannya akan ada mutasi yaitu penambahan atau pengurangan. 

Penurunan data DTKS individu ini disebabkan beberapa faktor yaitu warga yang tidak layak mendapatkan bantuan sosial dan juga ada yang mengundurkan diri. 

Diharapkan peran semua masyarakat bukan hanya pemerintah, apabila ditemukan masyarakat yang masuk DTKS bukan yang layak menerima dapat dilaporkan dengan pihak Dinas Sosial agar ada efek kesadaran dari seseorang tersebut untuk mundur secara mandiri dan akan digantikan dengan pihak yang mendapatkan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: