Pemkab Mukomuko Siapkan Tiga Pendamping untuk Calon Haji 2025

Pemkab Mukomuko Siapkan Tiga Pendamping untuk Calon Haji 2025

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Amri Kurniadi, S.Ag-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan calon jamaah haji, Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menyiapkan tiga pendamping khusus untuk membantu calon jamaah haji asal daerah ini pada tahun 2025. 

Rencana ini melibatkan pendamping ibadah, pendamping umum, dan tenaga kesehatan yang akan mendampingi calon haji selama menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Tahun 2025 kami ajukan dana untuk tiga pendamping calon jamaah haji sebesar Rp300 juta, atau Rp100 juta per orang di APBD," kata Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Amri Kurniadi, di Mukomuko, Selasa (18/6/2024). 

Amri menjelaskan bahwa pemilihan pendamping calon jamaah haji ini akan melalui proses seleksi yang ketat di tingkat provinsi. 

BACA JUGA:Kejari Mukomuko Rayakan Idul Adha 1445 H dengan Semarak, Sapi dan Kerbau Disembelih untuk Warga

"Nanti mereka bertiga yang diusulkan menjadi pendamping calon jamaah haji akan menjalani tes di provinsi," tambahnya. 

Ia juga menekankan bahwa pendamping asal daerah lebih efektif dibandingkan dengan pendamping dari provinsi. "Kalau sekarang ini pendamping calon jamaah haji asal Mukomuko dari provinsi, kemungkinan tidak efektif," ujarnya.

Ketiga pendamping tersebut terdiri dari dua pendamping ibadah dan kesehatan, serta satu pendamping umum.

"Terkait kriteria bakal pendamping calon jamaah haji asal daerah ini, sesuai dengan keahliannya masing-masing seperti pendamping kesehatan dari petugas kesehatan daerah ini," jelas Amri.

BACA JUGA:Idul Adha 2024, Desa Sidodadi Sembelih 29 Ekor Hewan Kurban

Selain menyiapkan pendamping, Pemerintah Kabupaten Mukomuko juga berkomitmen untuk memberikan subsidi akomodasi dan transportasi bagi 180 calon haji tahun ini.

"Memang kami berbagi tugas. Pemda sendiri memberikan subsidi akomodasi dan transportasi dari daerah asal ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu menjadi tanggung jawab pemda," kata Amri.

Untuk memastikan kelancaran perjalanan, pemda telah menyiapkan lima bus yang akan mengantar calon haji dari Mukomuko ke embarkasi sementara di Kota Bengkulu. Selain itu, personel dari Polres Mukomuko, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan juga akan dilibatkan untuk mengawal perjalanan para calon haji.

"Kami sudah mempersiapkan personel dari Polres Mukomuko, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang berhubungan dengan jalan untuk mengawal calon haji dari daerah ini ke Kota Bengkulu," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: