Khasiat Alpukat untuk Wanita! Bisa Mencegah Anemia sampai Meningkatkan Kesuburan

Khasiat Alpukat untuk Wanita! Bisa Mencegah Anemia sampai Meningkatkan Kesuburan

Buah alpukat mengandung protein, vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh serta menjaga kualitas sel telur.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat alpukat untuk wanita tidak main-main, lho. Buah yang creamy ini tak hanya mampu mengontrol berat badan, tetapi juga bisa melancarkan pencernaan, mencegah anemia, hingga meningkatkan kesuburan. alpukat juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut, nih.

Manfaat alpukat untuk wanita berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah bernama latin Persea americana ini mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, serta beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah alpukat juga sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Buah alpukat juga kerap dianjurkan untuk sering dikonsumsi oleh kaum hawa yang ingin segera memiliki momongan.

BACA JUGA:Cara Cepat Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami

Daftar Manfaat Alpukat untuk Wanita
Dalam satu buah alpukat berukuran sedang atau setara 100 gram mengandung 160 kalori, 2 gram protein, 15 gram lemak, 8,5 gram karbohidrat, 6,5 gram serat, serta 80 mikrogram folat. Selain itu, buah yang nikmat dikonsumsi sebagai campuran salad ini juga mengandung beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Berkat nutrisinya yang lengkap, wanita yang rutin mengonsumsi buah alpukat dapat memperoleh manfaat berikut ini:

1. Menurunkan berat badan
Buah alpukat sering kali dikonsumsi oleh para pelaku diet. Soalnya, buah ini tinggi serat dan lemak sehat. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Namun, agar manfaat alpukat yang satu ini bisa lebih optimal, kamu sebaiknya mengonsumsi alpukat tanpa banyak gula atau pemanis tambahan, ya. Untuk menurunkan berat badan, kamu juga perlu rutin olahraga dan menjalani pola makan sehat dengan jumlah kalori dan nutrisi yang sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Tips Suntik Jerawat untuk Atasi Jerawat Membandel

2. Mencegah sembelit
Selain bisa membuat perut kenyang lebih lama, kandungan serat yang tinggi di dalam buah alpukat juga baik untuk meningkatkan bakteri baik di usus. Dampaknya, pencernaan jadi lancar dan tinja lebih lunak. Tak heran kalau buah alpukat baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

3. Mencegah anemia
Daripada pria, wanita cenderung lebih rentan mengalami anemia, khususnya ketika menstruasi, hamil, dan menyusui. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah dalam jumlah normal karena kekurangan asupan folat, zat besi, juga vitamin B12.

Nah, untuk mencegah anemia, kamu bisa nih memperbanyak konsumsi alpukat. Ini karena alpukat banyak mengandung folat, yakni salah satu nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain bisa mencegah anemia, folat juga sangat penting bagi wanita hamil, karena nutrisi ini dapat menjaga kesehatan janin di dalam kandungan dan mencegahnya terkena cacat tabung saraf.

BACA JUGA:Ini Manfaat Masker Green Tea dan Cara Pakainya

4. Memperkuat daya tahan tubuh
Manfaat alpukat untuk wanita selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang bisa memperkuat imunitas, seperti protein, zat besi, zinc, selenium, serta antioksidan. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, kamu pun tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri.

5. Meningkatkan kesuburan
Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah alpukat. Buah alpukat mengandung protein, vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh serta menjaga kualitas sel telur.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah ini juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan kerusakan pada sel telur dan organ reproduksi wanita. Bahkan, buah ini termasuk buah yang direkomendasikan untuk wanita yang mengalami PCOS, lho.

BACA JUGA:Sahkah Patungan Kurban Sapi Lebih dari 7 Orang? Ustaz Syafiq Riza Basalamah Jelaskan Hukumnya

6. Melembapkan kulit
Ingin kulit lebih lembap dan tidak kering? Yuk, mulai rutin konsumsi buah alpukat. Buah alpukat mengandung beta karoten, lesitin, dan asam linoleat. Ketiga nutrisi ini terbukti bisa membantu melembapkan kulit agar tidak kering. Selain bisa dikonsumsi langsung, alpukat juga bisa dibuat menjadi masker wajah.

7. Mencegah jerawat
Punya keluhan kulit berjerawat? Coba deh perbaiki pola makanmu dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah alpukat. Kandungan asam laurat serta sifat antiradang dan antimikroba pada buah ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, menggunakan masker wajah yang mengandung alpukat bisa mencegah timbulnya jerawat. Namun, buah ini mungkin kurang cocok dijadikan masker wajah alami bagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak, ya. Ini karena kandungan lemak pada alpukat bisa menyumbat pori-pori.

BACA JUGA:Agar Hajat Cepat Terkabul, Sebelum Membaca Doa Pembuka Rezeki, Baca Ini Terlebih Dahulu

8. Membuat rambut lebih sehat dan kuat
Alpukat merupakan sumber biotin, yakni salah satu vitamin B kompleks yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Mencukupi asupan biotin harian bisa menjaga kesehatan rambut dan memperkuat setiap helaian rambut agar tidak mudah rontok.

9. Mencegah osteoporosis
Seiring bertambahnya usia, wanita akan mengalami menopause. Pada momen ini, kadar hormon estrogen bisa berkurang yang menyebabkan tulang mengalami pengeroposan. Itulah alasannya mengapa para wanita cenderung rentan osteoporosis setelah mengalami menopause.

Untuk mencegah kondisi ini serta menjaga tulang tetap sehat dan kuat, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat, seperti alpukat dan kacang almond. Kedua makanan ini mengandung nutrisi yang baik untuk tulang, seperti kalsium, kalium, protein, magnesium, dan fosfor.

BACA JUGA:Bikin Gak PD! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Koreng yang Berbekas

10. Mengurangi morning sickness
Buah alpukat mengandung vitamin B6, lemak sehat, protein, kalium, dan natrium. Nah, beragam nutrisi tersebut terbukti bisa mengurangi keluhan morning sickness pada ibu hamil. Selain buah alpukat, untuk mengurangi keluhan mual dan muntah saat hamil, ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah lainnya, seperti pisang, sirsak, stroberi, atau semangka.

11. Mengatasi kram kaki
Saat menstruasi atau sedang hamil, sebagian wanita sering mengalami kram kaki. Keluhan ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan pijat lembut di area yang nyeri, melakukan kompres hangat, dan mencukupi asupan kalium harian.  Kalium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otot dan saraf serta mengurangi keluhan kram. Mineral ini banyak terkandung di dalam buah alpukat, pisang, mentimun, jeruk, juga tomat.

12. Mencegah kanker payudara dan kanker endometrium
Saat mengonsumsinya, hindari penambahan kental manis atau gula, ya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pemanis alami, seperti madu.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: