6 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

6 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.-Pinterest -

Konsentrasi dan kewaspadaan yang meningkat akan membuat otak lebih siap dalam menyimpan informasi. Suatu riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan memori dan kemampuan untuk mengolah informasi maupun mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghapal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan mudah mengingatnya.

4. Meredakan stres

Sudah dijelaskan sebelumnya jika tidur siang dapat mencegah risiko gangguan kesehatan mental. Kurang tidur membuat tubuh melepaskan lebih banyak hormon kortisol yang merupakan hormon stres. 

Pada akhirnya, stres yang tidak teratasi dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari karena gangguan pada siklus bangun tidur.

Untuk meredakan stres yang disebabkan karena kurang tidur maupun hal lain, Anda disarankan meluangkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang juga memungkinkan Anda untuk sementara menjauh dari situasi atau tekanan yang membuat stres.

BACA JUGA:Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

5. Menurunkan tekanan darah

Resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat berkurang dengan rutin tidur siang. Menurut studi, alasan mengapa tekanan darah lebih stabil ketika tidur siang adalah karena menurunnya produksi hormon stres kortisol. 

Hormon kortisol diketahui sebagai salah satu hormon pemicu naiknya tekanan darah. Dengan menurunnya hormon ini maka tekanan darah akan lebis stabil. 

6. Menambah waktu istirahat

Beberapa orang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada malam hari, sehingga dengan adanya tambahan waktu untuk tidur siang, maka kebutuhan tubuhnya untuk beristirahat dapat tercukupi.

Diketahui bahwa kurangnya waktu tidur dapat menjadi pemicu munculnya beberapa masalah kesehatan seperti sakit jantung, stres, hipertensi dan lainnya.

Itulah manfaat tidur siang untuk kesehatan. Tidur siang dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan jika dilakukan dengan cara yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: