PPDB di Kota Bengkulu Mulai 19-29 Juni 2024, Perhatikan 4 Jalur Masuknya

PPDB di Kota Bengkulu Mulai 19-29 Juni 2024, Perhatikan 4 Jalur Masuknya

PPDB di Kota Bengkulu Mulai 19-29 Juni 2024-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu menerangkan, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 melalui empat jalur yang telah ditentukan sebelumnya akan dimulai 19 sampai 29 Juni.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Kota Bengkulu Deni Apriansyah menerangkan, pada PPDB sekolah menengah pertama (SMP) terdapat empat jalur masuk yaitu untuk jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan perpindahan orang tua 5 persen.

"Sekarang sedang pematangan terkait petunjuk teknisnya. Nanti kita juga akan rapat bersama kepala sekolah SD dan SMP di Kota Bengkulu," jelasnya.

Kemudian, untuk sekolah dasar (SD) sebanyak 80 persen untuk jalur zonasi dan sisanya untuk jalur afirmasi serta perpindahan orang tua.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Rancang Job Fair Skala Nasional Agustus Mendatang

Terang Deni, untuk jumlah kursi pada siswa baru SMP di Kota Bengkulu untuk tahun ini sebanyak 5 ribu kursi dan mudah-mudahan tidak ada siswa yang tidak sekolah akibat kuota penerimaan siswa baru terpenuhi.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu memperketat syarat pindah kartu keluarga, jika ingin pindah KK, maka harus semua anggota keluarga.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya penitipan NIK anak ke KK kerabat keluarga agar bisa mendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran baru 2024/2025 yang sering disiasati untuk menembus zonasi saat PPDB. 

Diharapkan dari solusi empat jalur penerimaan PPDB ini dapat menghilangkan kericuhan saat pendaftaran peserta didik baru seperti sebelumnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: