Kurban Setiap Tahun atau Cukup Sekali Seumur Hidup? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Kurban Setiap Tahun atau Cukup Sekali Seumur Hidup? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan apakah kurban cukup sekali seumur hidup atau setiap tahun-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Mendekati bulan Zulhijjah, umat Muslim bersiap-siap untuk merayakan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban sapi atau kambing.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah kurban harus dilakukan setiap tahun atau cukup sekali seumur hidup?

Buya Yahya pernah menjelaskan dalam salah satu ceramahnya mengenai hal ini. Menurutnya, kurban adalah ibadah yang disunahkan untuk dilakukan setiap tahun, jika seseorang mampu melakukannya.

BACA JUGA:Tanda Malaikat Rezeki Datang, Ada Bau Ini Dirumah Kita, Buya Yahya Sarankan Segera Berdoa dengan Tulus

BACA JUGA:Apakah Rumah Kita Termasuk? Buya Yahya Jelaskan Tanda-tanda Rumah Diberi Kelimpah Rezeki

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Al-Bahjah TV.

Dalam kajiannya, Buya Yahya menyampaikan bahwa kurban dianjurkan untuk dilakukan setiap tahun, jika seseorang mampu melakukannya.

Ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa kurban adalah ibadah yang harus dilakukan setiap tahun bagi yang mampu.

"Berkurban dianjurkan, disunahkan setiap tahun ya," terang Buya Yahya.

Terdapat persepsi yang salah di masyarakat bahwa berkurban hanya perlu dilakukan sekali seumur hidup, namun sebenarnya hal tersebut tidak benar.

"Ini orang sering salah paham, bukan seumur hidup sekali, tapi setiap tahun," tambah Buya Yahya.

Berkurban dianjurkan setiap tahun saat datangnya bulan haji.

"Setiap tahun kurban, kapan datang bulan haji, maka disunahkan kita untuk puasa arafah, disunahkan kita menyembelih kurban," papar Buya Yahya.

Lanjut Buya, kurban ini bisa diibaratkan seperti shalat dhuha. Kita dianjurkan untuk melakukan sholat dhuha ketika pagi tiba, begitu juga dengan kurban, kita dianjurkan untuk berkurban ketika datang bulan haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: