Tips Mencegah Penyakit Pada Budidaya Ikan Gabus

Tips Mencegah Penyakit Pada Budidaya Ikan Gabus

Cara mencegah penyakit pada ikan Gabus-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Berikut cara membuat pakan pengganti:

- Campur semua bahan tersebut hingga menjadi adonan yang mengental.

- Bentuk adonan menjadi bulatan kecil.

- Kukus bulatan adonan selama beberapa menit.

- Setelah proses ini, Anda akan mendapatkan pelet ikan gabus buatan sendiri yang siap diberikan.

Dengan memberikan pakan yang tepat, Anda dapat memastikan ikan gabus mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh sehat dan kuat, serta mencegah penyakit.

2. Menjaga Kebersihan Kolam

Kolam yang kotor bisa menjadi sumber penyakit bagi ikan gabus. Oleh karena itu, penting untuk rajin membersihkan kolam sebagai tindakan pencegahan penyakit.

Menjaga kebersihan air kolam ikan gabus sebenarnya tidak terlalu sulit. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan kolam adalah dengan memasang filter. Selain itu, pastikan untuk membersihkan lumut hingga ke akarnya.

BACA JUGA:Tips Mencegah Dan Menanggulangi Penyakit Ikan Gabus

BACA JUGA:Tips Mempersiapkan Kolam Untuk Budidaya Ikan Gabus

Hindari juga paparan sinar matahari langsung pada kolam ikan gabus. Sinar matahari dapat memicu pertumbuhan lumut, yang membuat kolam menjadi kotor dan membutuhkan pengurasan lagi.

3.  Pemberian Probiotik Ikan

Probiotik dan suplemen sangat penting untuk mencegah ikan gabus dari penyakit. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan suplemen dan probiotik secara rutin. Kedua produk ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ikan gabus, membuat mereka lebih kuat dan sehat.

Suplemen organik cair dari GDM sangat direkomendasikan untuk ikan gabus karena mengandung banyak sekali bakteri baik, seperti:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: